FAMILY

4 Cara Ini Terlihat Simpel, tapi Jadi Cara Jitu Dekatkan Hubungan Ayah dan Anak

Medcom
Sabtu 03 September 2022 / 18:12
Jakarta: Selain ibu, ayah juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Tidak hanya dicontoh sebagai figur pekerja keras saja, ayah juga harus bisa mencerminkan perilaku yang baik untuk buah hatinya.

Ayah yang memiliki peran lebih aktif dapat membantu anak dalam perkembangan kognitif dan emosionalnya. Hanya saja, banyak ayah yang belum tahu bagaimana dan kapan harus terlibat dengan anaknya sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa mendekatkan relasi ayah dan anak:
 

1. Beri perhatian saat anak membutuhkan


Seorang anak seringkali merasa belum bisa melakukan semuanya sendiri. Ia butuh figur yang mau mendengarkan keluh kesah dan menolongnya. Ayah bisa memberikan perhatian lebih ke anak agar dia merasa lebih tenang.
 

2. Menyuapi dan mendampingi makan


Makan bersama memang bisa merekatkan hubungan antara satu dan lainnya. Ayah bisa menyuapi atau mengajak anaknya makan bersama sambil melakukan obrolan ringan setelah makan.
 

3. Terlibat dalam merawat anak


Banyak sekali para ibu yang kesulitan dalam merawat anaknya sendirian. Di sini peran ayah sangat dibutuhkan untuk membantu ibu mengurus anaknya dan hal ini bisa mendekatkan ikatan batin antara ayah dan buah hati.
 

4. Berbicara dan komunikasi yang baik


Orang tua adalah role model untuk anaknya. Jika orang tua berkomunikasi dengan buah hati menggunakan nada bicara yang tidak baik, maka buah hati akan merasa sedih atau bisa mencontohnya kembali. Oleh karena itu, ayah harus selalu bicara yang baik kepada anaknya, ini adalah hal dasar yang bisa kamu terapkan.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH