FAMILY

Ini 3 Aspek Penting untuk Tumbuh Kembang Anak yang Lahir saat Pandemi

A. Firdaus
Sabtu 23 Juli 2022 / 11:15
Jakarta: Sebagian anak-anak yang lahir saat pandemi covid-19, ternyata memiliki beberapa hambatan dalam tumbuh kembang mereka. Hal itu bisa menjadi fokus orang tua agar tumbuh kembang anak yang lahir saat pandemi dapat mengatasi tiga aspek penting, yaitu aspek sosial emosional, motorik, hingga pemenuhan nutrisi yang seimbang.

Menurut survei internal Bebelac dari Danone Specialized Nutrition tentang apa yang dirasakan orang tua selama pandemi, 31,7 persen menjawab bahwa anak mereka menangis setiap bertemu orang baru. Kemudian, 14,8 persen orang tua mengatakan anaknya terlambat berbicara dan 13 persen orang tua merasa anaknya belum bisa merespon orang lain.

Selain itu, 31,5 persen merasa anaknya belum terbiasa berinteraksi dengan orang lain akibat dampak dari situasi pandemi. Untuk itu, diperlukan peran orang tua untuk mendukung tumbuh kembang anak, sehingga dapat menjadi anak yang pandai, berani, dan baik hati sehingga tidak takut menghadapi masa transisi.

"Kami percaya bahwa meski banyak kekhawatiran, mereka bisa tumbuh hebat. Tidak hanya pintar, tapi juga berani dan baik hatinya. Ini yang selalu kita sebut sebagai Happy Tummy, Happy Brain, Happy Heart," kata Marketing Manager Bebelac ???Anissa Permatadhieta Ardiellaputri.

Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion Nadya Pramesrani mengingatkan pentingnya orang tua untuk mendukung tumbuh kembang anak saat memasuki masa transisi menuju pascapandemi Covid-19, baik melalui aspek sosial emosional, motorik, hingga pemenuhan nutrisi yang seimbang.

"Karena di masa pandemi, banyak ditemukan kasus keterlambatan perkembangan. Anak-anak yang lahir saat pandemi, skor tumbuh kembangnya relatif lebih rendah dibandingkan anak yang lahir di luar pandemi," kata Nadya.
(FIR)

MOST SEARCH