FAMILY

5 Tips Bikin Gaya Hidupmu Anti Bad Mood

Kumara Anggita
Jumat 08 Januari 2021 / 11:01
Jakarta: Tahukah kamu bahwa gaya hidup berpengaruh besar dalam mood atau suasana hati kita? Untuk itu, pastikan kamu memiliki gaya hidup yang baik untuk mendapatkan mood yang baik juga.

Dikutip dari AFPA Fitness, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti:
 

1. Mengubah diet


Telah dibuktikan dalam banyak penelitian bahwa apa yang kamu makan kemungkinan besar memengaruhi perasaanmu. Sebab makanan yang berbeda mengandung berbagai nutrisi yang memengaruhi hormon kamu, serta bagaimana hormon itu dilepaskan dan disintesis ke dalam sistem.

Coba untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B, zat besi, magnesium, seng, dan zat besi untuk meningkatkan fungsi otak. Juga, pastikan menelan cukup glukosa untuk membantu menyeimbangkan suasana hatimu. Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian atau roti dan pasta kecambah, atau kentang adalah sumber glukosa yang sangat baik.

Sertakan pula buah-buahan dan sayuran dalam makananmu, karena merupakan sumber yang kaya vitamin B, yang dapat membantumu mengelola depresi.

Selain itu, jangan segan untuk menambahkan lemak ke dalam makananmu. Otak memiliki tingkat lemak terbesar di tubuh, jadi beri makan dengan pasokan lemak tak jenuh yang baik. Makanan yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati.

Perlu diketahui, orang yang menderita depresi diketahui memiliki kadar asam lemak Omega-3 yang sangat rendah. Jadi pastikan kamu menambahkan banyak ikan dan makanan laut lainnya ke dalam menu makananmu.

Hindari asupan kafein yang berlebihan. Meskipun dapat meningkatkan perhatian dan ingatan dalam jangka pendek, minum terlalu banyak dapat menyebabkan kecemasan yang lebih tinggi. Sehingga bikin kamu lebih gelisah, menyebabkan insomnia, dan memperburuk stres.

Terakhir hindari terlalu banyak gula, yang dapat berdampak negatif pada berat badan dan kadar gula darah kamu, serta meningkatkan risiko depresi dan memperburuk gejala yang mungkin sudah kamu alami.
 

2. Berolahraga


Olahraga telah terbukti memiliki manfaat luar biasa bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa, aktivitas fisik yang berdampak rendah secara teratur seperti berjalan kaki, dapat mengurangi terjadinya depresi hingga nanti bertambahnya usia. Aktivitas ini juga telah dikenal untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang yang menderita skizofrenia.

Selain itu, berolahraga membantumu mengendalikan berat badan. Peningkatan berat badan adalah efek samping dari banyak pengobatan yang diminum untuk penyakit mental. Berat badan berlebih tidak hanya akan membuat kamu tidak sehat dan rentan terhadap kondisi berkembang seperti diabetes, tetapi juga akan menyebabkan tekanan mentalmu.
 

3. Cara terbaik mengendalikan stres


Stres tidak kondusif untuk kesehatan mentalmu. Ini justru memperburuk gejala penyakit mental. Salah satu metode yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi stres adalah meditasi. Bahkan sesi meditasi 30 menit sehari dapat mengurangi stres dan meningkatkan ketahanan mentalmu.

Selain meditasi, kamu juga bisa coba yoga. Cara ini dapat membantumu mengadopsi pandangan yang lebih positif, dan membuatmu tetap terlibat dengan dunia di sekitarmu.
 

4. Lebih banyak tidur


Kurang tidur dapat memicu gejala stres, kecemasan, dan depresi. Komitmenkan diri kamu pada rutinitas tidur yang teratur, tidur dan bangun pada waktu yang konsisten, hindari makan banyak sebelum tidur, dan berolahraga yang cukup.
 

5. Buat jurnal


Mengekspresikan diri dengan mencatat pikiran dan perasaan kamu bisa menjadi cara yang sehat untuk mengatasi stres. Mulailah membuat jurnal dan gunakan untuk mengidentifikasi pemicu mood kamu buruk. Kamu bahkan dapat mengulanginya dari waktu ke waktu untuk merefleksikan kemajuan kamu. Cara ini dapat membantumu untuk tetap termotivasi.
(FIR)

MOST SEARCH