FAMILY

Pentingnya Sanitasi dan Imunisasi untuk Mencegah Stunting Anak

Kumara Anggita
Senin 26 Oktober 2020 / 20:05
Jakarta: Selain gizi yang seimbang, stunting juga harus dicegah dengan memerhatikan sanitasi dan imunisasi anak. Kira-kira apa hubungannya antara sanitasi dan imunisasi dengan pencegahan stunting?

Menurut dr. Dewinta Kesuma Alam, sanitasi yang dikelola dengan aman diakui sebagai prioritas utama dalam meningkatkan kesehatan anak. Dengan ini, anak bisa terhindar dari penyakit infeksi terutama yang berasal dari parasit seperti cacing.

“Dan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.42 Tahun 2013 dan No.12 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan imunisasi, disebutkan bahwa ada 5 jenis imunisasi wajib yang harus diperoleh anak,” ungkap dr. Dewinta dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting.

Lima jenis imunisasi wajib ini diberikan sesuai usia anak dan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah, serta berdasarkan pertimbangan dokter. Kelima jenis imunisasi tersebut adalah:

1. Imunisasi Hepatitis B

2. Imunisasi polio

3. Imunisasi BCG

4. Imunisasi Campak

5. Imunisasi DPT-HB-HiB

Jadi jangan sampai melupakan kedua hal ini ya para orang tua. Cara ini agar anak terhindar dari stunting yang menghambat pertumbuhan anak.
(FIR)

MOST SEARCH