FAMILY

Apa Saja Komponen Nutrisi Esensial bagi Tumbuh Kembang Anak?

Yatin Suleha
Jumat 13 November 2020 / 14:36
Jakarta: Tumbuh kembang anak memerlukan berbagai hal. Dari mulai membutuhkan empat komponen yaitu motorik kasar, motorik halus, sensorik dan personal sosial juga memerlukan asupan bagi perkembangannya yang optimal.

Lalu, apa saja sebenarnya nutrisi esensial perlindungan untuk tumbuh kembang yang optimal bagi si kecil? Menurut Sari Sunda Bulan, AMG, Nutritionist dan Direktur PT. NAFAS Nutri Sejahtera mengatakan bahwa di usia satu tahun eksplorasi si kecil semakin seru. 

Beberapa pemenuhan nutrisi untuk mendukung si kecil merupakan penentu pertumbuhan yang sehat dan baik. Hal tersebut juga membantu tumbuh kembang otak, dan membuat anak menjadi lebih pintar. Selain itu papar Sari sekaligus juga untuk mencegah berbagai penyakit.

"Penentu pertumbuhan fisik antara lain protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan kalsium berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi," papar Sari.



esensial
(Nutrisi untuk perkembangan otak. Foto: Istimewa)

 
Catatan Sari lainnya dari WHO Growth Chart dan Regulasi Klaim BPOM adalah anak mencapai tiga kali berat lahirnya di usia satu tahun. Dan 50 persen tinggi dewasanya di usia 2 tahun. Untuk itu orang tua perlu memerhatikan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak si kecil.
 
Salah satu nutrisi untuk perlindungan, papar Sari antara lain adalah serat pangan, seperti misalnya inulin, bakteri baik, strain spesifik (Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum), Vitamin A, C, E serta mineral Selenium dan Zink.
 
"80 persen sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna. Kolonisasi bakteri baik tentu penting untuk pematangan sistem daya tahan tubuh di saluran cerna si kecil," tutup Sari.
(TIN)

MOST SEARCH