FAMILY

Ini Arti Bahasa Tubuh Kate Middleton Saat Bersama Pangeran William

Mia Vale
Minggu 03 Juli 2022 / 13:00
Jakarta: Selama 11 tahun menjadi anggota keluarga kerajaan, Kate Middleton kerap mendampingi sang suami, Pangeran William dalam suatu acara. Seperti halnya saat pembukaan potret resmi di Museum Fitzwilliam Universitas Cambridge. 

Di sana, bahasa tubuh Kate melakukan dua gerakan khas yang sering dilakukannya saat berjalan bersama suami tercinta. Gerakan ini pun ditelaah oleh pakar tubuh Judi James.

Kedua gerakan ini lalu dipajang pada pembukaan potret, dan keduanya mengungkapkan banyak hal tentang pernikahan Cambridges. Pertama, pose daun ara, di mana menurut James adalah ritual pelindung diri. 

"Pada tahun-tahun sebelum bertemu Kate, William sering terlihat melakukan apa yang dikenal sebagai pose daun ara, di mana tangan tergenggam di depan tubuhnya di tempat yang kira-kira sama dengan daun ara," jelas James, seperti dilansir dari Marie claire.

James menambahkan, pose tangan William itu adalah ritual pelindung diri yang cenderung diadopsi ketika seorang pria merasa tidak nyaman, malu, atau defensif. 

Itu membuat William terlihat malu atau merasa canggung saat di depan kamera pers. Dan menurut James,  meskipun sudah menikah dan menjadi ayah, tampaknya masih memengaruhi perkembangan kepercayaan sosial William. "Dia masih memiliki momen daun ara selama kunjungan publik," tandas James.



(Postur tubuh Kate saat bersama sang suami. Foto: Dok. Instagram resmi Duke and Duchess of Cambridge/@dukeandduchessofcambrige)


Dan, ketika William melakukan pose ini, Kate menggunakan mirroring atau postural echo untuk meniru gerakan ini, sering kali berdiri dengan tangannya sendiri dalam posisi yang sama. 

"Cermin menandakan pemikiran yang berpikiran sama dan dalam kasus Kate, cara dia meniru posenya dan membuatnya terlihat jauh lebih elegan dan tidak terlalu cemas, membuat William terlihat kurang defensif atau terhalang oleh sang istri yang ada di sebelahnya," ujar James. 

"Ini adalah tanda empati serta cinta dan sifat pencerminan bawah sadar yang sering digunakan Cambridges adalah tanda yang halus namun kuat dari kedekatan mereka sebagai mitra dan ikatan yang kuat dan berpikiran sama sebagai raja masa depan," imbuh James.

Gerakan khas kedua adalah tatapan Kate yang mengisyaratkan dia memuja suaminya. Hal ini terhubung dengan mata dan senyumnya. 

"Jika genggaman tangannya adalah gerakan cermin, tatapan ini tampaknya menjadi ritual terkemuka, yang bertujuan untuk memunculkan sisi William yang lebih bahagia dan menyenangkan selama penampilan publik mereka," ungkap James.

James mengatakan, William memang memiliki reputasi sebagai sedikit murung beberapa tahun yang lalu. Namun, senyum Kate bertindak sebagai pengubah keadaan saat dia menggodanya diam-diam untuk tersenyum kembali. 

Kate bertindak sebagai penyemangat bagi suaminya. “Selama hari yang panjang yang dipenuhi dengan kunjungan kerajaan, itu akan seperti energi mini dan penambah suasana hati, dan hampir selalu disambut dengan senyum malu-malu atau senyum senang dari William,” imbuh James. 
(TIN)

MOST SEARCH