FAMILY

Tempat Ini Mudahkan Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil dan Busui

Yatin Suleha
Senin 18 Oktober 2021 / 09:30
Jakarta: Pandemi covid-19 masih berjalan. Dan seperti dilansir dari laman resmi DPR, berdasarkan data dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), ada 536 ibu hamil terpapar covid-19 pada periode April 2020-April 2021, dan sebanyak 3 persen di antaranya meninggal dunia. 

Data tersebut merupakan data sebelum lonjakan kasus covid-19 di Indonesia yang terjadi pada periode Juni-Juli 2021 karena serangan varian Delta. Dan sejak Agustus lalu, kabar gembira bahwa ibu hamil diperbolehkan untuk vaksinasi covid-19 karena masuk ke dalam kategori kelompok rentan terhadap paparan virus korona penyebab covid-19.

Melalui Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, maka ibu hamil menjadi salah satu prioritas penerima vaksin covid-19 untuk mendapatkan perlindungan dari infeksi covid-19.


Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil dan Busui
(Acara online konferensi pers "Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui" yang merupakan kerja sama Hallobumil, RSIA Bunda, dan Morula. Foto: Dok. Istimewa)


Dan berbagai tempat saat ini dapat menjadi rekomendasi memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi covid-19. Salah satunya RSIA Bunda yang bekerja sama dengan Hallobumil dan Morula.

“Hallobumil melihat ini sebagai kesempatan untuk membangun kerja sama dengan layanan kesehatan komprehensif dan memiliki pelayanan kesehatan bebas covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui," buka Mia Argianti selaku Head of Hallobumil.

"Kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan RSIA Bunda untuk melakukan program vaksin covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui dan niatan ini pun disambut positif,” papar Mia lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Kerja sama ini juga diharapkan dapat mempermudah para calon ibu yang merencanakan program kehamilan. Para ibu yang ingin memulai program kehamilan dapat lebih terlindungi kesehatannya dengan terlebih dahulu mendapatkan vaksinasi covid-19.”


Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil dan Busui
(Kolaborasi unit pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui dari RSIA Bunda, Hallobumil, dan Morula diharapkan dapat memperkuat pilar pencegahan dan penanganan covid-19 di Indonesia. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 


Raisa Gabriela Hutagalung selaku Marketing Communication Manager RSIA Bunda Jakarta menambahkan, “RSIA Bunda Jakarta merupakan Rumah Sakit yang berkomitmen untuk memiliki Zona Hijau yang bebas covid-19 untuk melindungi ibu hamil dan menjadikan kesehatan ibu dan bayi sebagai prioritas dalam pelayanan kesehatan kami.”

Ia menegaskan bahwa, “Vaksin covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui merupakan salah satu vaksin yang penting untuk dapat melindungi populasi ini dari covid-19. Dengan vaksin ini diharapkan bukan hanya ibu yang terlindungi tetapi juga janin di dalam kandungan."

"Dengan vaksin covid-19, juga diharapkan agar kematian dan penyakit berat karena covid-19 pada ibu hamil, janin, dan ibu menyusui dapat dicegah," tambah Raisa.


Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil dan Busui
(Dengan vaksin covid-19 diharapkan bukan hanya ibu yang terlindungi tetapi juga janin di dalam kandungan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 


Sri Puspita, Marketing Communciation Manager Morula menambahkan bahwa, “Melalui pencapaian 2021 Best Practices Award – IVF Company of The Year” dari Frost & Sullivan, Morula akan terus berusaha memberikan pelayanan dan berjuang bersama untuk membantu mendapatkan buah hati dengan memberikan pelayanan yang terbaik.”

Ia memaparkan, ”Hal ini termasuk salah satunya adalah dengan memastikan agar kekhawatiran ibu akan gangguan kesehatan selama menjalani program kehamilan dapat berkurang dengan melakukan vaksinasi covid-19.”

Inisiatif antara Hallobumil, RSIA Bunda Jakarta, dan Morula yang juga didukung oleh Aqua, Dettol, Blackmores, dan Zwitsal ini diharapkan dapat menjadi solusi yang menjawab kebutuhan ibu hamil dan menyusui di tengah suasana pandemi saat ini. 

Kolaborasi unit pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui dari berbagai media ini diharapkan dapat memperkuat pilar pencegahan dan penanganan covid-19 di Indonesia, terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

(TIN)

MOST SEARCH