EXTERIOR

Lahan Kecil Bisa Panen Banyak Sayur? Intip Rahasianya Yuk

Medcom
Rabu 21 September 2022 / 16:33
Jakarta: Kian hari kebutuhan pokok semakin menjulang harganya. Ingin menanam pohon sayur tapi lahan terbatas.

Kamu bisa melakukannya menggunakan cara hidroponik. Sistem penanaman tanpa media tanah ini bisa dijadikan solusi berkebun di rumah dengan mudah. Cukup menggunakan larutan air yang mengandung nutrisi, maka tumbuhan bisa berkembang dengan baik tanpa disiram lagi.

Taman hidroponik juga memiliki tingkat pertumbuhan 30-50 persen lebih cepat dan hasil yang lebih besar daripada tanaman tanah. Kebun hidroponik juga memiliki lebih sedikit masalah dengan serangga, hama, dan penyakit.

Ingin memiliki tanaman hidroponik sendiri di rumah? Begini caranya:
 

1. Temukan wadah yang cocok untuk sistem


Banyak yang menemukan bahwa wadah penyimpanan yang dalam bekerja dengan baik untuk sistem ini, karena semakin dalam reservoir air, semakin stabil larutan nutrisinya. Fluktuasi konsentrasi nutrisi dan pH lebih mungkin terjadi di reservoir yang lebih kecil, kamu juga harus mengisi air lebih sering.
 

2. Buat platform terapung dari styrofoam


Agar akar tanaman tidak membusuk, buatlah platform terapung agar bisa mengapung di air. Untuk taman kecil, gunakan lembaran styrofoam setebal 3,8 cm berukuran 4 kali 8 kaki (1,2 kali 2,4 meter). Periksa apakah tepi platform dapat bergerak ke atas dan ke bawah sehingga tanaman dapat mengapung. Cara ini juga bisa kamu gunakan dengan tutup yang dimiliki wadahnya.
 

3. Bor lubang ke tutup wadah


Selanjutnya adalah mengebor lubang pada tutup wadah tempat pot akan diletakkan. Ukuran pot yang kamu gunakan harus lebih besar dari lubangnya agar tidak jatuh dan tenggelam.
 

4. Pasang pompa udaramu


Pompa udara harus tetap berada di luar reservoir. Ini memastikan bahwa pompa tidak menyedot air jika dimatikan.
 

5. Berikan nutrisi dan sesuaikan pH pada reservoir


Kamu perlu memberikan nutrisi agar tanaman tumbuh sempurna, jangan lupa sesuaikan pH airnya juga. Pemberian nutrisi tidak boleh berlebihan juga, cukup ikuti intruksi pada kemasan.
 

6. Merakit sistem


Sudah memasuki langkah terakhir. Pasang pompa udara dan letakkan batu udara di reservoir. Lalu, tempatkan tanaman yang ingin kamu tanam di dalam pot yang sudah kamu atur penempatannya, kamu juga bisa menggunakan bibit.
 

7. Cek air secara berkala


Setelah penanaman selesai, jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan air tanaman hidroponikmu secara berkala ya. Jika air sudah mulai berkurang maka kamu bisa mengisinya kembali.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH