KULINER

Bikin Udang Bakar Miso, Lezat dan Antigagal

Mia Vale
Senin 04 Juli 2022 / 07:05
Jakarta: Udang bisa dikatakan lebih banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan apabila dibanding dengan kepiting atau lobster. Selain rasanya lezat, harga udang biasanya lebih terjangkau dibanding keduanya.

Terdapat dua istilah untuk udang dalam bahasa Inggris, yakni shrimp dan prawn. Kedua jenis udang ini memiliki karakteristik fisik berbeda, namun kalangan awan cenderung sulit untuk membedakannya.

Manfaat kandungan zat besi yang tinggi pada udang dapat membantu proses pengikatan oksigen dalam hemoglobin. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan aliran oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, salah satunya ke otak. Namun jangan makan kebanyakan ya.

Ini karena dinukil dari Hellosehat, udang memiliki kandungan protein baik untuk tubuh. Namun, makan udang berisiko pada beberapa kalangan karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Jika ENDEUSiast mengonsumsi 3,5 ons — atau sekitar 99 gram — udang dalam sekali makan, bisa memasok sekitar 200 miligram total kolesterol untuk tubuh. Padahal, U.S Department of Agriculture menyarankan tidak lebih dari 300 mg total kolesterol per hari bagi orang dalam kondisi sehat.

Jadi, ayo buat resep udang bakar miso yang rasanya unik karena memakai bumbu miso dan shichimi togarashi khas Jepang serta bertabur nori! Sontek cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini ya.
 

Bahan udang bakar miso:


12 ekor udang jerbung Ak 30
4 siung bawang putih
2 cm jahe, parut
2 sdt shichimi togarashi
3 sdm miso
Tusuk satai secukupnya
 

Pelengkap:


1 sdm aonori/nori bubuk
Shichimi togarashi
 

Cara membuat udang bakar miso:


1. Belah punggung udang, buang kotorannya. Cuci bersih
2. Dalam mangkuk, campur bawang putih, jahe, shichimi togarashi, dan miso aduk hingga rata
3. Lumuri udang dengan campuran miso, tusukkan seekor udang dalam tusuk sate secara memanjang. Sisihkan
4. Panaskan wajan grill di atas api. Bakar udang secara bertahap hingga matang. Angkat
5. Sajikan udang bakar dengan pelengkap sesuai selera

Tips: Simpan udang yang sudah dilumuri bumbu di dalam kulkas, agar bumbunya lebih meresap.




(TIN)

MOST SEARCH