KULINER

Kudapan Spring Roll Vietnam, Sehat, Segar dan Mudah Dibuat

Mia Vale
Kamis 11 Agustus 2022 / 19:30
Jakarta: Selada (bahasa Belanda salade; bahasa Inggris salad) adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Dalam kreasi salad sendiri, kamu sebenarnya sangat bebas mengkreasikannya.

Ada yang juga suka diberikan saus balsamic, dengan thousand island, bahkan dengan cara dibuat seperti lumpia salad. Nah, salah satu yang bisa ENDEUSiast sontek adalah lumpia Vietnam. 

Dikenal dengan nama Goi cuon, Lumpia Vietnam, lumpia musim panas, atau lumpia salad, adalah hidangan tradisional dalam masakan Vietnam yang terdiri dari daging babi, udang, sayuran, bun, dan bahan lainnya yang dibungkus dalam banh trang Vietnam. Makanan ini umumnya disajikan dalam suhu ruangan dan tidak digoreng atau dimasak bagian luarnya.

Tak bisa dipungkiri ya, bahwa salad khas Vietnam ini adalah salah satu yang paling terfavorit di dunia. Dengan rasa segar karena dibungkus dengan rice paper (lembaran bungkus lumpia salad yang terbuat dari beras).

Sudah pasti ini sangat menggiurkan ya! Nah, kamu bisa buat sendiri di rumah ya resep spring roll Vietnam. Mudah kok! Yuk, dicoba dan lihat cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini.
 

Bahan spring roll Vietnam:


1 lt air
2 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
300 gr udang kupas ukuran kecil
12 lembar rice paper/banh trang
12 lembar selada keriting
100 gr wortel, potong korek api
100 gr timun, buang biji, potong korek api
4 batang thai basil, ambil daunnya
4 batang daun ketumbar, ambil daunnya
 

Saus, aduk rata:


2 sdm minyak wijen
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap ikan
2 sdm gula pasir
200 ml air
½ sdt cuka masak
 

Cara membuat spring roll Vietnam:


1. Masukkan air, jahe, dan garam dalam sebuah panci, masak di atas api besar hingga mendidih. Masukkan udang, masak hingga udang matang. Angkat, tiriskan. Sisihkan
2. Ambil 1 lembar rice paper, masukkan ke dalam air hingga seluruh permukaannya terendam. Angkat, tiriskan. Letakkan di atas sebuah talenan
3. Susun 2 - 3 ekor udang, 1 lembar selada keriting, sedikit wortel, timun, thai basil, dan daun ketumbar di bagian tengah rice paper. Lipat membentuk amplop, gulung sambil dipadatkan. Lakukan hingga semua bahan habis. Sajikan segera dengan saus

Tips: Tidak perlu terlalu lama saat mencelupkan rice paper dalam air agar teksturnya tidak terlalu lembek.




(TIN)

MOST SEARCH