KULINER

Tips Membuat Susu Almond Sendiri

Mia Vale
Minggu 15 Mei 2022 / 09:00
Jakarta: Tren susu yang terbuat dari almond sudah melanda dunia food and bevarage sejak tahun 2020. Susu dari bahan nabati ini sudah banyak digandrungi oleh banyak orang.

Dalam data yang dihimpun Plant Based Food disebutkan tahun 2020 disebutkan bahwa banyak orang kini mencoba hidup dengan asupan yang lebih sehat dan makanan yang diolah dari tumbuhan atau plant based food.

Selain makanan sehat juga termasuk minuman sehat salah satunya adalah susu almond. Dinukil dari Klikdokter,  terdapat vitamin D, kalsium, protein, vitamin E, dan berbagai mineral dalam almond. 

Dan perlu diingat bahwa susu almond tidak dapat menjadi pengganti susu untuk bayi dan anak-anak ya ENDEUSiast. Sebab, susu almond tidak mengandung beberapa zat penting untuk tumbuh kembang anak. 

Bagi anak remaja atau dewasa, ini bisa menjadi salah satu pilihan jika bosan dengan susu sapi atau kedelai. Nah, penasaran bagaimana buat susu almond sendiri? Cek cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini ya.
 

Bahan susu almond:


150 gr kacang almond mentah
1,5 lt air matang
½ sdt ekstrak vanila
¼ sdt garam 
 

Cara membuat susu almond:


1. Rendam kacang almond mentah dengan air matang selama 8 jam
2. Masukkan kacang almond yang sudah direndam bersama air rendamannya ke dalam blender
3. Tambahkan ekstrak vanila dan garam, proses dengan kecepatan tinggi hingga halus
4. Saring larutan kacang dengan kain bersih atau kain tahu. Peras untuk mengekstrak cairannya
5. Masukkan almond milk dalam wadah bersih dan simpan dalam kulkas

Tips: Susu ini bisa disimpan selama 3 - 4 hari dalam kulkas. Jika susu cepat berubah asam, pastikan untuk mensterilisasi semua peralatan membuat susu sebelum digunakan.




(TIN)

MOST SEARCH