KULINER

Es Funtastik, Bikin Si Kecil Semangat

Mia Vale
Kamis 11 Agustus 2022 / 07:05
Jakarta: Zaman 80 sampai 90-an pastinya tahu ada es yang sangat menarik perhatian. Salah satu kudapan berupa es yaitu es mambo. Nah, uniknya dilansir dari Wikipedia, "Es Mambo" sendiri adalah lagu yang diciptakan oleh M. Jusuf dan dinyanyikan oleh penyanyi Oslan Husein, diiringi orkes Widjaja Kusuma pimpinan M. Jusuf. 

Dan pertama kali muncul dalam album Tahu Tempe pada tahun 1965. Jadi, jauh ya ENDEUSiast jika kita melihatnya dalam kuliner. Ada pula istilah es lilin. 

Dan dilansir dari kanal Kuliner Panduanwisata, es lilin awalnya hanya memiliki rasa yang sangat sederhana. Di awal tahun 1950-an, banyak warga di pedesaan kawasan Bandung yang berjualan camilan ringan dingin dan menyegarkan ini.

Mulanya mereka membuat es lilin dengan satu rasa, yaitu perpaduan antara santan kelapa, tepung es dan gula yang dibekukan, es-es tersebut lantas dijual di sekitar Kota Bandung. Sejak saat itu es lilin terus ada dan berkembang.

Saat ini banyak variasinya. Nah, kita buat sendiri yuk di rumah dengan susu cair dan cokelat pasta. Sontek cara buat es yang segar di bawah ini dari Endeus TV.
 

Bahan es funtastik:


600 ml susu cair
250 ml kental manis
2 ½ sdm tepung pati jagung
2 tetes pewarna ungu
2 tetes pewarna kuning
2 tetes pewarna merah muda
50 gr cokelat pasta
Plastik es lilin ukuran 100 ml
 

Cara membuat es funtastik:


1. Campur susu cair, kental manis, tepung pati di dalam panci. Panaskan hingga tepung larut dan mengental
2. Bagi 3 bagian beri pewarna. Aduk rata. Sisihkan
3. Masukkan cokelat pasta ke dalam plastik. Buat motif
4. Tuang campuran susu. Ikat. simpan dalam lemari beku. Sajikan




(TIN)

MOST SEARCH