End Google Analytics -->
KULINER

Rasakan Buah Pir Rebus dengan Rasa Teh Khas Prancis

Yatin Suleha
Senin 28 November 2022 / 07:05
Jakarta: Prancis memang terkenal dengan kulinernya yang sangat luar biasa. Tersaji cantik sekaligus terasa nikmat. Salah satunya yaitu buah pir yang direbus atau poached pear. Terdengar aneh? Tidak juga ya ENDEUSiast. Ini karena menu ini merupakan makanan tradisional asal Prancis lho!

Dinukil dari Palapanews, makanan pencuci mulut ini diciptakan oleh Auguste Escoffier di Paris pada abad ke-19, dan diberi nama dalam bahasa Prancis Pears belle Helene atau Poires belle Helene setelah sebuah opera berjudul La Belle Helen (Helen yang cantik).

Penasaran bagaimana kenikmatan makanan yang satu ini? Simak saja resep dan cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini. Selamat mencoba ya!
 

Bahan thai tea poached pear:


1750 ml air
150 gr gula pasir
8 sdm thai tea
4 buah pir hijau
 

Saus:


4 kuning telur
40 gr gula kastor
200 ml whipping cream
75 ml thai tea pekat
 

Cara membuat thai tea poached pear:


1. Masak air bersama gula dan Thai tea dalam panci hingga mendidih, angkat, saring. Masukkan kembali ke dalam panci
2. Kupas buah pir dengan rapi, biarkan tangkainya. Masukkan ke dalam panci Thai tea. Usahakan agar pir terendam cairan. Masak sampai mendidih. Kecilkan api. Masak terus selama 1 jam. Angkat, diamkan hingga dingin
3. Saus: Kocok kuning telur dan gula sampai gula larut, masukkan cream, aduk. Tim campuran saus, lalu masukkan larutan Thai tea. Aduk sampai mengental, angkat
4. Taruh pir di atas wadah saji, hidangkan bersama sausnya

Tips: Gunakan jenis buah bertekstur keras sebagai pengganti pir, seperti apel, peach, atau nanas.



(TIN)

MOST SEARCH