FITNESS & HEALTH

Kiat Menjaga Kenyamanan Telinga yang Terlalu Lama Pakai Earphone

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 05 Maret 2020 / 11:05

Jakarta: Pemakaian earphone terlalu lama dengan volume yang tinggi berisiko tuli permanen di kemudian hari. Lantaran demikian, upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin. Namun jika sudah terlanjur, kamu bisa melakukan sejumlah upaya untuk mengatasinya. 

"Pertama batasi pemakaian, 60 persen 60 menit. Kalau kamu butuh lebih, istirahatkan dulu," ujar Dr. dr. Fikri Mirza Putranto, Sp.THT-KL(K) dari PP PERHATI KL (Pengurus pusat perhimpunan dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala leher indonesia), di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan. 

Sebab, telinga kita butuh waktu untuk beristirahat sebagai recovery. Sedangkan, jika kamu seorang pekerja profesional yang setiap hari mengharuskan kamu menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama, ada cara lain yang bisa dilakukan. 

"Pakai earphone yang punya noise cancellation. Dengan begitu Anda tidak perlu menaikkan volume suara meskipun suasana di luar besar," paparnya. 

Dr. Fikri menambahkan untuk pekerja seni, pakai alat pelindung yang baik. Kamu bisa mendengar dengan volume suara tanpa harus kehilangan fungsi pendengaran, karena itu aset kamu di masa mendatang. 

Cara-cara tersebut dinilai efektif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan telinga. Lantaran, ada sejumlah tindakan yang tanpa disadari dapat berisiko gangguan pendengaran. 

embed

(Terutama, sering kali terjadi pada mahasiswa yang belajar di sepanjang malam, ibu-ibu yang memakai gadget terus-menerus lalu merasa habis karena lelah tertidur dengan earphone yang masih terpasang di telinga. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Di antaranya, mendengarkan musik dengan earphone dan volume yang tinggi atau lebih dari 50 persen. Kemudian, terkadang tidak mendengarkan gawai, melainkan gawai yang mendengarkan kita. Misalnya, saat belajar di malam hari sambil mendengarkan musik, lalu tidak dimatikan hingga tertidur dan bangun di keesokan harinya.

"Belajar malam-malam sampai besok pagi, gadgetnya masih nyala, itu banyak terjadi dan sangat manusiawi," imbuhnya.

Terutama, sering kali terjadi pada mahasiswa yang belajar di sepanjang malam, ibu-ibu yang memakai gadget terus-menerus lalu merasa habis karena lelah.

"Jadi penggunaan gawai yang kita pasangkan earphone di telinga itu cenderung memang merupakan salah satu faktor penyebab gangguan pendengaran tipe saraf pada yang bukan disebabkan pekerjaan," pungkasnya.


(yyy)

MOST SEARCH