FITNESS & HEALTH

3 Cara Mengurangi Berat Badan dengan Cepat dan Aman

Kumara Anggita
Rabu 25 November 2020 / 15:03
Jakarta: Menurunkan berat badan yang cepat tidak selalu berbahaya, asalkan kamu melakukannya dengan benar. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari atau memperbanyak  berbagai makanan dan minuman.

Dilansir dari Health, Cynthia Sass, MPH, RD memberikan saran agar program penurunan berat badanmu berjalan aman dan juga cepat. Berikut di antaranya:
 

1. Hindari makanan olahan


Sudah sepatutnya untuk kamu menghindari makanan olahan termasuk makanan cepat saji, makanan manis, permen, dan minuman manis. Selain itu produk yang dibuat dengan tepung putih halus dan gula juga harus kamu hindari.

Tak hanya itu, kamu jug perlu menjauhi makanan dengan proses dipanggang dan makanan tinggi natrium, seperti frozen food, pizza, dan sup kalengan.

Makanan-makanan tersebut dapat memicu retensi air dan kembung, yang dapat memengaruhi timbangan dan ukuran kamu. Tak hanya itu, makanan ini biasanya juga sudah kehilangan nutrisi dan serat.

Cynthia menyarankan agar kamu mengganti makanan-makanan ini dengan makanan utuh yang kaya nutrisi. Jangan juga menukarnya dengan makanan 'diet' yang dibuat dengan pemanis buatan atau alkohol gula. Gula palsu ini dapat memicu rasa manis, mengganggu pengaturan nafsu makan, dan berpotensi menyebabkan kembung.
 

2. Perbanyak makan sayuran


Sayuran tidak bertepung berada di urutan teratas di daftar makanan untuk menurunkan berat badan. Sebagian besar sayur-sayuran menyediakan 25 kalori dan rendah karbohidrat. Selain itu, sayuran juga mengemas serat dan cairan yang mengisi serta banyak nutrisi.

Targetkan konsumsi sayur sekitar lima cangkir per hari. Seperti satu cangkir saat sarapan, dua saat makan siang, dan dua saat makan malam.

Ini bisa termasuk sayuran hijau dan mentah, atau tumis, oven panggang. Cobalah untuk mencampur sayur dengan warna-warna berbeda dan jenis yang berbeda agar tubuh menyerap nutrisi dan antioksidan yang lebih luas.

Lengkapi makananmu ini juga dengan protein tanpa lemak, lemak sehat, dan porsi kecil karbohidrat whole food. Protein dapat mencakup sumber nabati atau hewani, termasuk bubuk protein kacang dalam smoothie, kacang-kacangan, telur, atau ikan. Lemak sehat meningkatkan rasa kenyang. Sehingga membuatmu kenyang lebih lama.

Terakhir, jangan menghilangkan karbohidrat yang kaya nutrisi seperti biji-bijian. Manfaatkan beras merah dan quinoa, sayuran bertepung (termasuk kentang dan butternut squash), dan buah segar. Untuk memenuhi kebutuhan energimu. Sertakan setidaknya satu cangkir segar karbohindrat ini atau setengah cangkir karbohidrat matang per makan.
 

3. Pilah-pilih minuman


Kamu enggak perlu berhenti minum kopi, tetapi terapkan dengan sedikit susu nabati tanpa pemanis, gula dalam sirup mentah atau maple, dan kayu manis. Hindari gula rafinasi atau pemanis buatan dan krim atau produk susu. Minumlah kopi maksimal 1-2 cangkir saja.

Lalu ganti kebiasaan minummu dengan air. Bila kamu tak suka dengan air saja, kamu bisa menambahkannya dengan bahan alami lainnya seperti jeruk, mint segar, mentimun, jahe, atau potongan buah lainnya.

Kurangi juga alkohol, setidaknya dalam jangka pendek. Selain kalorinya, alkohol adalah perangsang nafsu makan. Sehingga kamu jadi cenderung makan berlebihan.

Memang tidak mudah melakukan ini semua. Namun penurunan berat badanmu akan terlihat dengan cepat. Selamat mencoba!
(FIR)

MOST SEARCH