FITNESS & HEALTH

Buah-Buahan yang Sebaiknya Diwasapadai Pasien Diabetes

Raka Lestari
Selasa 27 Oktober 2020 / 14:46
Jakarta: Pasien diabetes memang disarankan untuk membatasi asupan buah-buahan, terutama buah yang memiliki kandungan gula tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti pasien diabetes tidak boleh mengonsumsi buah sama sekali. Jika memilihnya dengan tepat, mengonsumsi buah sangat baik untuk pasien diabetes.

Dan berikut ini adalah beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh pasien diabetes:


Nanas


Buah nanas memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Namun perlu diwaspadai karena nanas kemungkinan memiliki kadar gula yang tinggi. Dikutip dari Taste of Home, satu potong nanas mengandung sekitar 16 gram gula. Jika ingin mengonsumsinya, pasien diabetes sebaiknya jangan sampai berlebihan.


Kismis 


Kismis terbuat dari anggur yang dikeringkan dan seringkali dijadikan camilan atau topping pada makanan. Namun, kismis bukanlah camilan yang tepat bagi pasien diabetes. Menurut Mayo Clinic, pasien diabetes harus membatasi porsi buah hanya 15 gram gula saja. Sedangkan satu cangkir kismis bisa mengandung 115 gram gula.
 

Buah tin 


Buah tin merupakan pilihan yang sehat, tetapi bagi pasien diabetes sebaiknya harus diwaspadai. Buah yang sering dijadikan selai ini bisa mengandung 29 gram gula per cangkirnya. Untuk itu, bagi pasien diabetes bisa memilih jenis buah lain untuk dijadikan camilan.


Jeruk 


Jeruk merupakan buah yang sangat mudah dijumpai dan sangat mudah dibawa kemana-mana. Itulah mengapa buah jeruk sering dijadikan camilan. Akan tetapi, satu cangkir jeruk (sekitar 2 buah) bisa mengandung lebih dari 20 gram gula. Untuk itu, jika ingin mengonsumsi jeruk bisa digunakan sebagai hiasan atau topping pada makanan saja.
 

Mangga


Buah mangga yang manis dan segar, dengan warna cerah memang sangat memikat. Buah ini juga merupakan buah yang sangat terkenal di daerah tropis, seperti di Indonesia. Akan tetapi, satu buah mangga bisa mengandung sekitar 23 gram gula. Bagi pasien diabetes, cobalah cari buah lain yang rendah akan kandungan gula.
 

Leci 


Buah leci yang manis dan segar, dengan warna kulit yang merah cerah tentunya sangat menggoda. Akan tetapi, bagi pasien diabetes sebaiknya harus waspada ketika mengonsumsinya. Buah yang sering ditemukan dalam berbagai jenis dessert ini bisa mengandung 29 gram gula per sajiannya.
(YDH)

MOST SEARCH