FITNESS & HEALTH

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Melalui Makanan

Raka Lestari
Sabtu 31 Oktober 2020 / 07:04
Jakarta: Perubahan mood yang terjadi bisa disebakan karena makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu mengalami hal itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang menyeimbangkan kadar gula darah karena lonjakan atau penurunan gula darah dapat juga berpengaruh terhadap mood kamu di hari itu. 

Dan dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan menstabilkan mood: 


1. Hummus

Menurut ahli nutrisi dan kebugaran Erin Palinski-Wade, RD, CDE, mengonsumsi makanan yang dikemas dengan karbohidrat kompleks berkualitas tinggi, seperti hummus, adalah cara yang bagus untuk menjaga kadar gula darah. "Pastikan untuk memilih pilihan makanan yang lambat dicerna, seperti sayuran dan hummus untuk mencegah lonjakan gula darah tambahan," katanya. 
 

2. Bawang


Bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih bisa menjadi cara yang efektif untuk menstabilkan gula darah kamu, yang tentunya dapat berpengaruh juga pada suasana hati secara keseluruhan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food and Chemical Toxicology menguji efek dari bawang pada tikus dan hasilnya menunjukkan bahwa bawang dapat mengembalikan tingkat gula darah tikus kembali normal.
 

3. Almond


Mengonsumsi almond dapat membantu tubuh kamu mengelola kadar gula darah secara lebih efektif. Mengonsumsi dua ons almond setiap hari dapat meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Metabolism.
 

4. Ceri


Meskipun ada banyak berbagai jenis buah-buahan yang dapat meningkatkan gula darah, buah ceri adalah salah satu buah-buahan yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara berlebihan. Buah ceri mengandung indeks glikemik (GI) yang lebih rendah dibandingkan buah-buahan lainnya.
 

5. Cuka apel


Meskipun secara teknis mungkin cuka apel tidak begitu nyaman dimakan langsung, menambahkan cuka sari apel ke makanan kamu bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi efek makanan yang dikonsumsi terhadap gula darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam publikasi Diabetes Association Amerika Diabetes Care menunjukkan bahwa minum sekitar 20 gram campuran cuka apel dua menit sebelum mengonsumsi makanan berat atau yang mengandung karbohidrat bisa sangat efektif dalam menstabilkan kadar gula darah.
(YDH)

MOST SEARCH