WISATA

Jadi Tuan Rumah World Superbike Mandalika, Ini 25 Desa Wisata Prioritas di NTB

A. Firdaus
Sabtu 13 November 2021 / 14:14
Jakarta: Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai tuan rumah World Superbike Mandalika 2021. Bahkan 12 November kemarin, Presiden Joko Widodo telah meresmikan sirkuit yang memiliki 17 tikungan itu.

Terpilihnya NTB menjadi tuan rumah gelaran Superbike dan juga nanti MotoGP 2022 bukan tanpa alasan. Pemerintah menunjuk NTB karena daerah yang berada di ujung barat kepulauan Nusa Tenggara karena memiliki banyak desa wisata.

Berdasarkan situs resmi ntbprov.go.id, setidaknya ada 99 Desa Wisata yang tersaji di Pulau NTB ini. Dan, ada 25 desa wisata prioritas yang tersebar di 25 daerah.

Salah satu desa wisata yang disorot adalah, Desa Wisata Senaru, yang terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Desa ini masuk ke dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa Wisata Senaru selama ini sudah dikenal banyak wisatawan. Khususnya para pencinta wisata alam yang mendaki ke Gunung Rinjani.

Biasanya wisatawan memulai pendakian dari Sembalun, Lombok Timur, dan turun melalui Desa Senaru. Banyak wisatawan memilih jalur ini karena sebelum tiba di Desa Senaru, karena mereka akan disuguhkan dengan keindahan Danau Segara Anak.

Desa Wisata Senaru juga dikenal akan keindahan alamnya. Di sana kamu akan menemukan beberapa air terjun dengan aliran air yang indah juga jernih.

Berikut 25 desa wisata prioritas per data 2019 di NTB:


(FIR)

MOST SEARCH