WISATA

Layaknya Lukisan yang Menjadi Nyata, Inilah Pesona Desa Wisata Tipang

A. Firdaus
Jumat 19 November 2021 / 15:19
Humbang Hasundutan: Pertama melihat, itu mungkin hanya lukisan. Tapi ketika mengedipkan mata, ternyata pemandangan hijau persawahan serta aliran sungai kecil, dengan hamparan air yang ternyata itu bagian dari Danau Toba.

Begitulah kesan penulis ketika melihat gambar yang terpampang di situs Kemenparekraf. Menjadi penyegaran mata meski hanya melalui gambar saja.

Pemandangan itu terdapat di Desa Wisata Tipang, Sumatera Utara. Merupakan salah satu dari 50 Desa yang masuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pun terpesona dengan desa terletak di kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Padahal ia sudah melanglang ke beberapa desa di Indonesia dalam visitasi untuk penilaian ADWI 2021.

“Saya terharu, ini desa wisata terakhir (ADWI) di Pulau Sumatra dan memiliki keindahan yang luar biasa. (Desa) Di atas kaya di Ubud, di sini kaya di Tabanan, Jatiluwih. Ini luar biasa,” kata Menparekraf Sandiaga.

Desa Wisata Tipang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah. Terdapat lansekap persawahan dan perbukitan yang hijau. Dibaluti cuaca cerah diiringi dengan semilir angin yang sejuk, serta langit yang memancarkan warna birunya.


Menparekraf Sandiaga begitu menikmati pesona alam Desa Wisata Tipang. (Foto: Kemenparekraf)

Secara topografi, Desa Wisata Tipang berada di ketinggian 900 - 1.200 mdpl. Desa yang termasuk desa wisata rintisan ini memiliki daya tarik wisata alam yang sangat beragam. Di antaranya Danau Toba, Air Terjun Sigota-gota, Puncak Gonting Tipang Pulau Simamora, Terasering Sawah Sibara-bara, juga Pulau Sirungkungon.

Yang unik dari salah satu daya tarik tersebut adalah Pulau Simamora. Pulau kecil yang berada di tengah Danau Toba ini tidak berpenghuni dan berbentuk seperti kura-kura yang berenang.

Ciri khas utama dari Pulau Simamora, kita bisa melihat gundukan hijau yang menawan. Seakan kehadiran pulau ini menambah kecantikan alam Desa Wisata Tipang.

Selain daya tarik wisata alam, Desa Wisata Tipang tentunya memiliki daya tarik budaya dan sejarah peninggalan suku Batak. Seperti Batu Marbonggar, Rumah adat Batak di perkampungan tua dan Sarkofagus yang kerap dianggap masyarakat setempat sebagai “perahu roh” yang akan membawa roh berlayar ke dunia roh.

Sarkofagus ini untuk melindungi jasad orang yang sudah mati dari gangguan gaib. Pada Sarkofagus kerap dipahatkan motif topeng dengan berbagai macam ekspresi.
(FIR)

MOST SEARCH