COMMUNITY

Strategi Memilih Rekan Bisnis yang Tepat agar Bisnis Makin Langgeng

Raka Lestari
Jumat 22 Oktober 2021 / 09:18
Jakarta: Membangun bisnis bersama rekan yang tepat memang dapat mengakselerasi performa sebuah bisnis. Sebab kehadiran individu lain di dalam bisnis dapat memperluas perspektif, menambah teman bertukar pikiran, menyeimbangkan beban pekerjaan, hingga sinergi modal usaha.

Setiap individu pastinya memiliki kebebasan untuk memilih rekan bisnisnya. Baik bersama orang yang baru dikenal, teman dekat, pasangan, bahkan keluarga sekalipun. Namun, terlepas dari status hubungan yang telah dibangun dengan rekan bisnis tersebut, penilaian awal saat memilih rekan bisnis harus tetap dilakukan secara objektif agar tidak menimbulkan penilaian yang bias.

"Aspek utama dalam membangun bisnis, penting sekali memiliki keterampilan dalam mengatasi konflik. Selain itu juga harus memiliki common ground, sehingga bisa tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah bersama-sama," kata dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ., dalam acara Shopee Pay Talk Series.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini bisa menjadi panduan dalam memilih teman bisnis:
 

1. Keterampilan berbeda, tujuan tetap sama


Salah satu fondasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis bersama rekan dapat mulai dibangun dengan mencari rekan bisnis yang memiliki keterampilan berbeda. Pada dasarnya setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keterampilan berbeda dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu dengan lainnya dalam mendorong perkembangan bisnis.
 

2. Berkomitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas


Selain keterampilan, rekan bisnis juga pastinya harus mengemban komitmen yang kuat. Sehingga tiap individu yang terlibat di dalamnya bersedia mengenyampingkan keakuan dan fokus memberikan 100% usahanya untuk mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang bersama.
 

3. Memiliki nilai-nilai kehidupan yang sama


Setiap orang memiliki nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh dalam menjalani kehidupan. Penting bagi pelaku bisnis untuk memahami nilai-nilai hidup yang dipegang teguh oleh rekan bisnis mereka. Memiliki beberapa nilai kehidupan yang sama dapat membantu mereka saling memahami dan menciptakan hubungan bisnis yang lebih langgeng.

“Kepribadian setiap orang memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, perbedaan tersebut dapat disatukan dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh. Kedua individu atau lebih dapat dikatakan cocok satu sama lain untuk menjalin hubungan bisnis jangka panjang apabila mereka memegang beberapa nilai-nilai kehidupan yang saling beririsan," ujar dr. Jiemi.

Misalnya, kedua individu ini sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran. Maka mereka pun akan cenderung menjalankan bisnis dengan saling terbuka dan jujur dalam berkomunikasi.

"Setiap individu yang memegang beberapa nilai kehidupan yang sama akan lebih mudah untuk saling memahami dan berempati satu sama lain sehingga dapat lebih bijak saat menghadapi konflik bersama,” tutup dr. Jiemi.
(FIR)

MOST SEARCH