COMMUNITY

Profesi Beautypreneur Makin Diminati, Kosme Produksi Ribuan Kosmetik untuk 270 Brands

Medcom
Kamis 02 Mei 2024 / 06:49
Jakarta: Saat ini, bisnis produk kosmetik dan skincare semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Peluang usahanya pun cukup besar. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun melaporkan pertumbuhan sebesar 21,9 persen dalam industri kosmetika di Indonesia, yang semula berjumlah 913 perusahaan industri kosmetik di 2022 menjadi 1.010 di pertengahan 2023. 

Peningkatan industri kosmetik tersebut, khususnya yang masuk dalam industri lokal, didominasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM), yakni sebesar 95 persen. Selain pertumbuhan yang pesat, semakin tingginya populasi penduduk berusia muda di tanah air juga dipercaya turut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan produk kecantikan untuk menjaga penampilan dan kesehatan kulit.

Peluang ini tidak luput dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjadi beautypreneur dengan meluncurkan merek kosmetik dan skincare-nya sendiri. Apalagi, saat ini sudah banyak perusahaan maklon produk kecantikan di Indonesia yang menawarkan jasa produksi sekaligus konsultasi produk-produk kosmetik dan skincare sesuai dengan keinginan mereka. 

Alhasil, industri kecantikan nasional semakin berkembang dan merek produk kecantikan pun kian 'menjamur' di pasaran.  Diketahui, PT Kosmetika Global Indonesia (selanjutnya disebut KOSME), termasuk unit bisnis unggulan J99 Corp. yang merupakan salah satu perusahaan maklon kosmetik dan skincare terkemuka di Indonesia. 

Di sini, berbagai varian produk kecantikan mulai dari skincare, body care, hair care, personal care, make up, lip product, hingga parfum bisa diproduksi dengan biaya terjangkau dan minimum quantity yang bervariasi.

"KOSME sebagai perusahaan manufaktur kosmetik membantu beautypreneur, customer kami, untuk membuat brand kecantikan sendiri dengan memberikan layanan One Stop Service. Mulai dari pembuatan sampel, membantu pembuatan merek/Hak Kekayaan Intelektual (HKI), layanan desain logo dan kemasan gratis, juga konsultasi marketing terkait layanan purna jual. Dengan berbagai layanan yang diberikan, beautypreneur tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memulai bisnis kosmetiknya sendiri. KOSME juga menyediakan tenaga ahli dan teknologi canggih untuk menghasilkan produk kecantikan lokal berkualitas internasional," ujar Sabdha Agung Trilaksana, Direktur KOSME. 


(KOSME salah satu perusahaan maklon kosmetik dan skincare terkemuka di Indonesia. Foto: Dok. Istimewa)

Sabdha menjelaskan bahwa proses manufaktur produk-produk maklon tersebut berjalan di tiga plant KOSME yang berada di Surabaya, Malang, dan Cikarang. Tidak ada perbedaan layanan serta produk yang diproduksi karena setiap plant telah memiliki standar untuk menjalankan semua prosedur maklon sesuai dengan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), ISO, serta ketentuan BPOM sehingga kualitas produk yang dihasilkan sudah pasti terjamin. 

"KOSME juga memiliki Standard Operational Procedure (SOP) bertaraf internasional dalam proses produksi, pengemasan, sampai dengan penyimpanan hasil produksi. Tim Quality Control (QC) juga senantiasa melakukan proses pengecekan ketat mulai dari pengadaan bahan baku dan kemasan, proses produksi, pengemasan, hingga distribusi produk ke customer," tambahnya. 

Hingga saat ini, KOSME telah melahirkan lebih dari 270 brands dan memproduksi lebih dari 1.400 varian produk untuk MS GLOW, MS Glow For Men, Skintheory, Natura World, Men’s Experience, Byebadskin, RANS Beauty, NOSUKU, PRSY, dan masih banyak lagi. 

"Setiap bagian dari tim KOSME merupakan orang-orang yang ahli di bidangnya dan selalu memastikan customer dapat memperoleh produk kosmetik dan skin care dengan standar kualitas terbaik. Hal ini selaras dengan nilai-nilai perusahaan yang dipegang oleh J99 Corp. beserta seluruh unit bisnisnya dimana kami selalu memegang teguh nilai tanggung jawab untuk memberikan kualitas pelayanan dan produk yang bermutu, serta terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan tren pasar kosmetik dan skincare terkini," ungkap Ganesya Widya selaku CEO J99 Corp.


(KOSME memiliki Standard Operational Procedure (SOP) bertaraf internasional dalam proses produksi, pengemasan, sampai dengan penyimpanan hasil produksi. Foto: Dok. Istimewa)
 

Prosedur Maklon di KOSME

Prosedur maklon dimulai dari konsultasi dengan admin KOSME terkait permintaan sampel produk kosmetik dan skincare yang diinginkan. Tim KOSME akan membantu membuatkan sampel termasuk formulasinya sesuai dengan permintaan dari customer. 

Saat tahapan sampel, dalam waktu bersamaan customer bisa mendaftarkan mereknya ke HKI dengan bantuan tim KOSME. Setelah disetujui, produk akan masuk ke tahapan pendaftaran BPOM kurang lebih selama 3 sampai dengan 4 bulan. 

Nah, sambil menunggu persetujuan BPOM tersebut, bisa dilakukan proses kemasan mulai dari desain, proofing, hingga produksi kemasan. Setelah tahapan BPOM selesai, proses produksi pun siap dijalankan hingga akhirnya produk siap dikirim ke customer. 

Shandy Purnamasari, founder MS GLOW yang juga melakukan maklon di KOSME mengaku selama ini MS GLOW mempercayakan KOSME sebagai mitra maklon karena mampu menghasilkan produk-produk skincare yang berkualitas. Tidak hanya dari mutu produk, namun layanan One Stop Service-nya juga sangat membantu dalam proses pengembangan produk baru dan distribusi produk ke mitra-mitra bisnis di seluruh Indonesia. 

"Persaingan ketat beauty industry di tanah air menjadikan MS GLOW harus selalu siap berinovasi untuk menghasilkan produk lokal berkelas internasional. KOSME sebagai perusahaan maklon pun telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan kualitas pelayanan yang mumpuni kepada MS GLOW sebagai customer-nya. Untuk para beautypreneur yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait maklon di KOSME, silakan cek website kosme.co.id," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH