COMMUNITY

Konsep 'Rojali 2.0', Upaya Pusat Belanja Hadapi Era Digital dan Sosial Retail

Medcom
Jumat 28 November 2025 / 08:01
Jakarta: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta menggelar Seminar & Musyawarah Daerah (Musda) dengan tema "Menyambut Rojali 2.0 – Rombongan Jadi Beli" sebagai langkah strategi pusat belanja dan Pemprov DKI menjawab era digital dan sosial. 

Seminar yang berlangsung pada 25 November 2025 di Grand Hyatt Jakarta ini menghadirkan diskusi strategis mengenai perubahan perilaku konsumen, tantangan era digital.  
Juga, peran kolaboratif antara pusat belanja dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memperkuat daya tarik retail guna meningkatkan perekonomian DKI Jakarta dan nasional.

"Konsep ‘Rombongan Jadi Beli’ menegaskan bahwa pengalaman berbelanja kini bukan hanya transaksi, tetapi perjalanan sosial yang menciptakan nilai bersama/komunitas. APPBI DKI berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memperkuat ekosistem retail yang adaptif, inovatif, dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat urban khususnya generasi Milenial dan Gen Z," ujar Mualim Wijoyo, Ketua APPBI DPD DKI. 

Sementara itu, Elisabeth Ratu Rante Allo selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta mengatakan Pemprov DKI telah melakukan berbagai upaya dan kegiatan agar UMKM dapat bersaing dengan produk-produk yang kerap menjadi trendsetter di pusat belanja. 


(Mualim Wijoyo, Ketua APPBI DPD DKI dan sejumlah pelaku industri di Seminar & Musyawarah Daerah (Musda) 2025. Foto: Dok. Istimewa)

Seperti melakukan studi banding ke pusat belanja di dalam dan luar negeri, serta penguatan kualitas agar UMKM mampu bersaing di berbagai pusat belanja modern.

"Upaya ini tidak mudah, kolaborasi antara Pemprov DKI dan pusat belanja yang sudah terjalin selama ini dapat memberikan dorongan positif bagi Pemprov DKI dalam membina pelaku UMKM di DKI Jakarta," jelas Elisabeth. 

Selain itu, dalam diskusi "Transformasi Rojali 2.0" yang dipandu oleh moderator ternama Andy F. Noya para narasumber dari berbagai sektor industri menyoroti pentingnya inovasi digital, kampanye komunitas, serta sinergi pemerintah dan pengelola pusat belanja dalam menciptakan ekosistem retail yang relevan dan kompetitif.

"Retail juga turut berperan untuk mendatangkan traffic ke dalam mall dengan mengadakan berbagai event, baik online atau pun offline. Seperti komunitas mainan yang diundang khusus datang ke retail Oh! Some” yang terbukti mendatangkan Rojali 2.0 (Rombongan Jadi Beli)," ungkap Hadi Sampurno, Direktur Oh! Some Indonesia.

Usai seminar, Musyawarah Daerah (Musda) APPBI DPD DKI kembali menetapkan Mualim Wijoyo untuk memimpin APPBI DPD DKI Jakarta pada periode Tahun 2025-2028 yang dipilih secara aklamasi oleh anggota APPBI DPD DKI. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH