COMMUNITY

Indonesian Culture Festival, Rayakan Keberagaman dan Kekayaan Budaya Jelang Hari Kemerdekaan

Medcom
Rabu 14 Agustus 2024 / 08:52
Jakarta: Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Lippo Malls Indonesia, menyiapkan rangkaian kegiatan dengan tema “Indonesian Culture Festival” yang dimulai sejak 1 hingga 31 Agustus 2024. 

Kali ini, operator pusat perbelanjaan itu menampilkan keindahan budaya Indonesia dalam aktivitas yang beragam di area mal. Mulai dari festival busana, kuliner, hingga festival tari daerah. Kegiatan ini juga merupakan hasil kerjasama berkelanjutan dengan UMKM yang telah bermitra dengan Lippo Malls. 

Seperti di Lippo Mall Kemang, yang mengadakan pameran beberapa produk Nusantara, seperti kain dan baju batik, hasil kerajinan daerah, hingga kuliner makanan tradisional Nusantara. Juga, serangkaian talkshow dan workshop hasil kolaborasi dengan pemerhati budaya, komunitas pelestari budaya, dan pencinta fesyen yang digelar setiap akhir pekan. 

Berkolaborasi dengan sanggar seni dan budaya, keindahan tarian dan nyanyian dari berbagai daerah di Indonesia juga dapat dinikmati di panggung atrium utama pada minggu kedua dan ketiga di bulan Agustus.  

Sebagai refleksi sejarah Indonesia sebagai negara maritim, mal yang berlokasi di Kemang ini juga menghadirkan kapal era Sunda Kelapa berukuran raksasa yang dilengkapi dengan benteng tepat di depan kapal. 

Bagi pencinta kuliner, pengunjung dapat menikmati aneka kuliner Nusantara Indonesia di Gajah Mada Plaza, mal yang berlokasi di pusat kota Jakarta dan juga Pluit Village yang berlokasi di Jakarta Utara dengan mengangkat sajian Nusantara mulai dari makanan utama, camilan dan minuman khas Nusantara yang sudah dikenal di masyarakat.  

Selanjutnya, Semarak Sumatera juga menjadi tema kegiatan di Cibubur Junction yang diselenggarakan pada 21 Agustus hingga 1 September 2024 di Lobby Utama dengan menghadirkan festival kuliner khas Sumatera seperti sate padang, nasi kapau, martabak kubang, pempek palembang, mie aceh, tempoyak, mie celor, es kacang merah, kue pendap, dan es durian iko gantinyo. 

Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan pentas budaya seni dan tari Sumatera di antaranya: Tari Saman dan Bungong Jempa dari Aceh, Rantak Minang dan Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Japin Melayi dari Bangka Belitung, Tari Serampang dan Soleram dari Jambi dan Riau, Tari Serawai dari Bengkulu dan penampilan Fashion Show khas baju adat Sumatera. 


(Penampilan tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia bisa dinikmati di panggung atrium utama pada minggu kedua dan ketiga di bulan Agustus. Foto: Dok. Istimewa)

Lomba Tari Tradisional Monotambe yang merupakan seni tari yang berasal dari Sulawesi Tenggara terselenggara  di Kediri Town Square pada tanggal 18 Agustus 2024.

Sementara, untuk Mal yang berlokasi di Jawa Barat yaitu Bandung Indah Plaza mengangkat kesenian dari Jawa Barat dengan menggelar Kompetisi Tari Jaipong, penampilan angklung sebagai musik tradisional Jawa Barat serta menghadirkan Jajanan Sunda Pisan yang menghadirkan jajanan khas Jawa Barat. 

Plaza Medan Fair, mal yang berlokasi di Medan Sumatera Utara, menggelar “Aceh Tourism” yang merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dengan lokasi kegiatan di lapangan parkir depan Plaza Medan Fair. 

Pengunjung dapat melihat langsung keunikan produk-produk Aceh melalui beberapa produk-produk unggulan dari UMKM seperti Kopi Solong, Kuliner khas Aceh dan souvenir Aceh. Aceh Tourism ini diisi dengan panggung seni budaya Aceh di antaranya Tarian Ratoeh Jaroe. 

Lippo Plaza Kupang, mal yang berlokasi di Indonesia Timur menampilkan beragam kegiatan kesenian seperti tarian daerah dan fashion show busana daerah dengan menggelar Lomba Fashion Show Casual Tenun NTT yang menampilkan kain tenun sebagai salah satu Wastra Indonesia yang pesonanya sudah dikenal sampai dunia internasional.

Santiwati Basuki selaku Chief Marketing Officer PT Lippo Malls Indonesia, menyampaikan tema "Indonesian Culture Festival" ini untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dan untuk mempromosikan keindahan serta kekayaan budaya Indonesia melalui busana, tarian dan kuliner. 

"Dengan keberadaan mal kami yang berlokasi di 36 kota di Indonesia, acara ini menjadi kekuatan untuk mempromosikan Indonesia dengan kekayaan dan keberagaman budaya yang kita miliki sebagai identitas dan kebanggaan bangsa melalui semangat Bhinneka Tunggal Ika. Juga, untuk mengingatkan kembali bahwa keberagaman budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia merupakan aset yang sangat bernilai yang harus kita jaga dan kita lestarikan," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(yyy)

MOST SEARCH