COMMUNITY

5 Trik Membedakan Ikan Cupang Jantan dengan Betina

Raka Lestari
Rabu 17 November 2021 / 16:11
Jakarta: Menentukan jenis kelamin ikan cupang gampang-gampang susah, mereka terlihat cukup mirip sehingga sulit untuk membedakan keduanya. Jika ingin membedakannya, ingatlah bahwa ikan remaja mungkin tidak menunjukkan perbedaan seksual. Idealnya, bandingkan ikan yang sudah dewasa dari jenis dan warna yang sama.

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut ini adalah beberapa karakteristik yang bisa membantu membedakan ikan cupang jantan dan betina:
 

1. Warna


Seringkali ikan cupang jantan berwarna lebih cerah daripada ikan cupang betina. Namun, warna saja bukanlah prediktor definitif gender. Sebab pada beberapa kasus, ikan cupang betina juga bisa saja memiliki warna yang cerah sama seperti ikan cupang jantan.
 

2. Bentuk tubuh


Ikan cupang betina akan menampilkan garis-garis vertikal di tubuhnya ketika mereka siap untuk kawin, sedangkan jantan tidak. Selain itu, pada umumnya ikan cupang betina sedikit lebih pendek dan berbadan lebih lebar daripada ikan cupang jantan. Ikan cupang jantan cenderung memiliki tubuh yang lebih memanjang yang sedikit lebih rata, dari sisi ke sisi.
 

3. Sirip


Ikan cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang, terkadang 3-4 kali panjang sirip betina. Meskipun beberapa varietas ikan cupang jantan memiliki sirip ekor yang pendek, pada sebagian besar varietas ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek dan jantan memiliki sirip yang lebih panjang.




Sirip perut ikan cupang jantan terlihat lebih panjang dan lebih tebal daripada sirip betina. (Foto: Spruce Pets)
 

4. Tempat telur


Ikan cupang betina yang sudah dewasa biasanya memiliki tempat telur atau “egg spot” yang berada di antara sirip perut dan sirip dubur. Bagian ini sebenarnya disebut dengan ovipositor yang digunakan untuk bertelur. Sedangkan ikan cupang jantan jarang menunjukkan tempat telur.
 

5. Janggut


Ikan cupang memiliki membran di bawah penutup pelat insang yang disebut membran operkular. Selaput ini muncul sebagai "janggut" dan ditampilkan saat ikan melebarkan pelat insangnya.

Ikan cupang jantan memiliki janggut yang jauh lebih besar, sangat besar sehingga sering terlihat, bahkan ketika jantan tidak melebarkan insangnya. Ikan cupang betina juga memiliki janggut, tetapi jauh lebih kecil dan tidak terlihat.
(FIR)

MOST SEARCH