COMMUNITY

DXI 2026 Siap Digelar! Ini Beberapa Kejutannya

A. Firdaus
Rabu 24 September 2025 / 07:52
Jakarta: Peningkatan terhadap pariwisata dengan minat khusus di Indonesia semakin terlihat dari tahun ke tahun. Selain membawa lebih banyak wisatawan lokal maupun asing, tren ini juga memberikan dorongan signifikan terhadap pemasukan daerah hingga negara dan turut memengaruhi dinamika perekonomian nasional. 
 
Menyadari pertumbuhan industri ini tidak lepas dari campur tangan banyak pihak yang berkepentingan, Dyandra Event Solutions kembali menyelenggarakan pameran yang berfokus pada olahraga air, wisata bahari, gaya hidup outdoor dan industri pendukungnya, yaitu pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2026 pada 23-26 April 2026 di Hall A-B, Jakarta International Convention Center (JICC).

Mengusung tema #DAREtoXPLORE: Waves Of Collaboration, DXI mengajak pencinta petualangan dan banyak pihak yang terjalin dalam industri ini untuk berkolaborasi, selain mengeksplorasi keindahan alam Indonesia juga memajukan dunia pariwisata Indonesia pada taraf Internasional. 
 
President Director Dyandra Event Solutions, Michael Bayu A Sumarijanto, menegaskan bahwa DXI terus berkomitmen mendorong pertumbuhan pariwisata melalui semangat kolaborasi lintas sektor. Menurutnya, keberlangsungan industri pariwisata dan kegiatan petualangan tidak hanya bertumpu pada destinasi, tetapi juga pada sinergi setiap elemen yang terlibat.

Baca juga: DXI 2025 Sukses Hadirkan Pengalaman Diving juga Outdoor Terlengkap & Kolaboratif di Indonesia

“DXI 2026 berkolaborasi dengan ADEX 360, kolaborasi ini adalah bentuk strategi nyata DXI 2026 dan ini akan membuka pintu seluas-luasnya bagi industri baik dari sisi B2B, B2C dan destinasi," ujar Bayu dalam konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan. 

"ADEX sendiri ada di beberapa  negara, ada di Jepang, China, Maldives, Filipina, Singapura, India, Malaysia dan Sydney juga akan ada beberapa negara lagi untuk mengembangkan Industri Laut dan Petualangan (Adventure) Lifestyle. Jadi DXI sudah menjadi bagian dari komunitas dunia ini dan semoga bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan industri kita di sektor pariwisata," sambungnya.


Launching & Press Conference DXI 2026. Dok. A. Firdaus/Medcom

Project Manager DXI 2026, Irfant Rifani, menjelaskan bahwa pada penyelenggaraan tahun 2026, DXI akan hadir dengan fokus yang lebih kuat pada semangat kolaborasi. Tidak hanya bersama ADEX, tetapi juga melibatkan berbagai pihak di industri, mulai dari distributor equipment, brand, agency, destinasi wisata, hingga para digital creator, dan banyak elemen lainnya.

Menurutnya, sejumlah program baru yang akan dilaksanakan pada tahap pre-event dirancang untuk memperkuat visi DXI sebagai wadah kolaborasi yang mendorong pertumbuhan industri petualangan dan pariwisata Indonesia, khususnya di sektor diving, olahraga bahari, hingga petualangan alam yang menantang adrenalin.
 

Ada apa aja yang baru di DXI?

 

1. Dua area utama


Pada showdays, DXI 2026 akan hadir lebih luas dengan membagi pameran ke dalam dua area utama. Hall A akan menampilkan industri SEA (Laut), seperti Scuba Experience, Mermaid Show, Underwater Dance Competition, dan berbagai program menarik seputar petualangan air lainnya.

Sedangkan Hall B akan dikhususkan untuk industri LAND dan AIR (Petualangan), menampilkan beragam aktivitas seperti Overland, Moto Adventure, Mountaineering, Paragliding, Tactical Airsoft, serta petualangan seru lainnya. Seluruh rangkaian program ini akan hadir pada DXI 2026  mendatang.
 

2. Pemisahan antara deep dan adventure

Yang pertama, fokusnya sekarang adalah di deep dan di adventure. Terutama untuk yang extreme adventure.

Tahun lalu keduanya masih bergabung, tapi di tahun ini DXI mencoba untuk memisahkan dua segment tersebut. Ada algoritma yang membuat DXI membuat perbedaan mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada tahun depan.
 

3.  Target pengunjung akan ditambah


Pada tahun lalu, dari 2007 sampai tahun 2025 kemarin, rata-rata pengunjung yang datang mencapai 17 ribu orang. Bukan angka yang sedikit, tapi ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

"DXI mampu mengumpulkan massa untuk bisa hadir di sebuah kegiatan ekspedisi bagi para pengunjung yang memiliki hobi petualangan," kata Irfant.

Tantangan bagi DXI adalah, bisa melengkapi komunikasi-komunikasi baik itu melalui komunitas, melalui sosial media, dan lain-lain sehingga selama gelaran DXI beberapa tahun ke belakang, DXI sudah bisa mencatat bahwa tidak kurang dari 17 ribu pengunjung setahunnya, tidak kurang dari 200 objek exhibitor, dan tidak kurang dari 100 komunitas yang mau terlibat dalam ekspedisi ini. 


4. Menggandeng content creator lebih banyak

 
Dari sisi digitalisasi, DXI 2026 akan menggandeng banyak Content Creator. Kolaborasi ini bukan sekadar untuk memeriahkan gelaran tahunan, tetapi juga ditujukan untuk mendorong pertumbuhan tren minat masyarakat terhadap petualangan dan pariwisata Indonesia. Harapannya, langkah ini tidak hanya meningkatkan antusiasme publik, tetapi juga memberi dampak nyata bagi perekonomian daerah hingga nasional.

“Kami berharap DXI 2026 dapat menjalin kolaborasi maksimal yang menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan minat masyarakat terhadap wisata petualangan di Indonesia, sambil memperluas dampak positifnya terhadap industri ini,” ucap Irfant. 
 

5. Berlangsung selama 4 hari


Pada beberapa tahun ke belakang, gelaran DXI selalu berlangsung selama 3 hari. Untuk tahun depan, DXI bakal berlangsung selama 4 hari. Artinya, penyelenggaraan ini akan mengulang sejarah DXI yang sempat dilakukan selama 4 hari.

Sementara itu, Chief Executive Officer ADEX, John Thet mengatakan, kerja sama yang erat dengan DXI menjadi bukti nyata komitmen untuk mengembangkan industri selam di Indonesia. Sejak awal, DXI dianggap sebagai mitra strategis yang mampu mempertemukan pelaku industri dengan komunitas diving, baik lokal maupun internasional.

"Saya akan terus bekerja sama dengan Deep and Extreme Indonesia untuk memastikan kehadirannya di sana. Setiap tahun saya mengunjungi pameran Deep and Extreme Indonesia," kata Jhon. 

"Di masa lalu, kami sangat dekat, bekerja sama dalam cara saling mendukung, seperti yang selalu saya lakukan. Saya selalu percaya pada kerja sama daripada bersaing. Hal terpenting adalah ketika kita menumbuhkan komunitas kita, maka industri kita akan berkembang, dan bisnis pun akan ikut maju," terangnya.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa DXI bukan hanya sebuah pameran, melainkan wadah kolaborasi untuk memperkuat jaringan, memperluas pasar, dan membangun kesadaran akan pentingnya menjaga laut melalui industri diving.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)

MOST SEARCH