COMMUNITY

Percepat Pemulihan, Warga Lebak Terdampak Banjir dan Longsor Dapat Bantuan

Medcom
Selasa 24 Mei 2022 / 18:31
Jakarta: Kabupaten Lebak, Banten menjadi salah satu daerah yang terkena banjir dan tanah longsor. Banjir dan tanah longsor ini akibat meluapnya hulu sungai Cibeurang di wilayah Kabupaten Bogor yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebak.

Selain itu, berukurangnya resapan air akibat penebangan pohon di daerah aliran sungai (DAS) memperburuk kondisi sungai di waktu banjir. Setidaknya ada empat wilayah yang terdampak langsung meluapnya di antaranya Cibeber, Bojongmanik, Cirinten, dan Leuwidamar.

Untuk mempercepat pemulihan, Yayasan Life After Mine (YLAM) menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana banjir dan longsor berupa mobil operasional logistik. Bantuan mobil operasional dengan tipe double cabin 4x4 untuk mendukung distribusi logistik pada medan yang sulit ini diserahkan langsung oleh Perwakilan YLAM kepada koordinator bantuan di wilayah Lebak Banten pada awal Mei 2022.

"Daerah terdampak banjir dan tanah longsor seperti Kabupaten Lebak ini perlu disiapkan fasilitas pendukung, terutama terkait aspek logistik pada saat proses penanggulangan”, ujar Andrew Hidayat, pembina YLAM.

Andrew berharap dengan tersedianya mobil operasional ini dapat membantu masyarakat dalam proses distribusi kebutuhan pokok serta barang lainnya saat proses pemulihan bencana. Yayasan Life After Mine akan terus bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam mendukung pemulihan daerah terdampak bencana di Kabupaten Lebak, Banten.
(FIR)

MOST SEARCH