FITNESS & HEALTH

Ada Benjolan di Ketiak, Kapan Harus ke Dokter?

Sri Yanti Nainggolan
Jumat 02 September 2022 / 16:53
Jakarta: Benjolan di ketiak bisa menyebabkan tak nyaman. Bahkan, kemungkinan ini adalah gejala awal penyakit serius

Pada umumnya, benjolan di ketiak bisa hilang sendiri dalam beberapa waktu. Kondisi ini bisa terjadi pada pria dan wanita. 
 

Pertanda benjolan di ketiak tak berbahaya

Ada berbagai faktor penyebab munculnya benjolan di ketiak. Umumnya, benjolan ini muncul saat datang bulan atau terkena sakit tertentu. Lama kelamaan, benjolan akan hilang ketika tubuh mulai pulih. 

Dilansir dari Halodoc, benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari penggunaan deodoran, salah dalam menggunakan pisau cukur, infeksi bakteri, kista, atau iritasi. 

Benjolan di ketiak yang muncul juga bisa menjadi tanda skin tag, yaitu benjolan semacam kutil yang muncul di permukaan kulit akibat gesekan antarkulit. Benjolan karena ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus.


Benjolan di ketiak seharusnya bisa hilang sendiri. Foto: health.com
 

Kapan harus pergi ke dokter?

Benjolan di ketiak yang terasa sakit, berubah ukuran, dan tak kunjung hilang bisa membahayakan. Bisa jadi itu adalah penyebab sejumlah penyakit berikut:
  • Infeksi virus
  • Fibroadenoma (pertumbuhan jaringan fibrosa yang abnormal)
  • Kanker payudara
  • Kanker sistem getah bening (Limfoma)
  • Kanker darah pada sumsum tulang (Leukemia)
Baca: Muncul Benjolan di Ketiak? Bisa Jadi karena 4 Hal Ini 

Untuk mengetahui penyebab munculnya benjolan di ketiak, sebaiknya penderita melakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan penyebab munculnya benjolan di ketiak dan bagaimana penanganan selanjutnya. 
(SYN)

MOST SEARCH