BEAUTY

Tips Memilih Produk Anti-Aging Berdasarkan Jenis Kulit

Yuni Yuli Yanti
Kamis 13 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kamu akan mengalami berbagai perubahan di kulit. Salah satunya adalah muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, noda hitam, dan lain sebagainya. Memang tidak bisa ditunda, tetapi kamu bisa melawan tanda penuaan dengan menggunakan produk skincare khusus anti-aging.

Nah, agar penggunaan produk-produk tersebut bekerja dengan optimal, kamu wajib memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Begini cara memilihnya dikutip dari  L'Oreal Paris!
 

Kulit berminyak

Banyak orang menganggap jika tanda-tanda penuaan muncul lebih lambat di kulit wajah yang berminyak. Padahal, tidak demikian lho! Kulit wajah berminyak juga dapat mengalami dehidrasi, sehingga harus tetap menggunakan produk skincare yang dapat menghidrasi dan melembapkan wajah, namun dengan formula yang lebih ringan. 

Selain menghidrasi kulit, penting juga untuk menggunakan produk perawatan anti-aging yang membantu menjaga keseimbangan minyak di wajah serta mempercepat proses pergantian sel-sel kulit wajah. Jika wajah masih berjerawat walau sudah berusia matang, maka tambahkan penggunaan obat jerawat sebelum mengaplikasikan pelembap.

 

Kulit Kering

Kulit kering biasanya terasa kencang, kaku, dan sering gatal saat dehidrasi dan kurang kelembapan. Jenis kulit ini biasanya lebih rentan muncul kerutan, karena itu Anda harus menjaga agar kulit terhidrasi dan terjaga kelembapannya dengan baik. Lakukan juga eksfoliasi ringan secara rutin yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati untuk mengatasi wajah yang tampak kusam.

Produk anti-aging yang menghidrasi akan masuk ke dalam lapisan kulit dan mengikat air agar tidak mudah menguap. Sementara, produk yang melembapkan bisa membantu menjaga skin barrier yang melindungi kulit dari sinar UV, polusi, asap rokok, dan lain sebagainya. 


(Tidak ada kata terlambat untuk merawat kulit. Kamu tetap bisa menggunakan produk anti-aging, meski tanda-tanda penuaan sudah muncul. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Kulit Kombinasi

Jenis kulit ini biasanya lebih rumit, karena ada yang area yang kering sekaligus berminya di wajah. Bagian dahi dan hidung biasanya lebih berminyak dibandingkan pipi dan dagu. 

Kamu bisa saja menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak dan kulit kering untuk area yang membutuhkan. Namun jika ingin lebih praktis, maka pilih produk anti aging dengan bahan aktif yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Pilih yang berbahan dasar air dan ringan agar tidak memicu minyak berlebih.

 

Kulit usia matang

Tidak ada kata terlambat untuk merawat kulit. Kamu tetap bisa menggunakan produk anti-aging, meski tanda-tanda penuaan sudah muncul. Pilihlah produk skincare yang kaya nutrisi dan bahan aktif serta membantu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Kandungan bahan aktif yang dapat mendorong produksi kolagen dan mengikat air di lapisan jaringan kulit seperti Hyaluronic Acid akan membantu menyamarkan tampilan kerutan dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Jangan hanya mengaplikasikan produk skincare khusus anti-aging di tempat-tempat yang banyak muncul kerutan seperti dahi, sekitar mata, dan sekitar mulut. Kamu harus merawat kulit wajah secara merata, bahkan sampai ke leher. Dengan begitu, tanda penuaan yang terlihat akan tersamarkan. 
(yyy)

MOST SEARCH