BEAUTY

KGI Sabet Rekor MURI yang Terapkan Teknologi IoT di Indonesia

Medcom
Minggu 29 September 2024 / 15:17
Jakarta: Bertajuk Grow to Glow, PT Kosmetika Global Indonesia (KGI) sebagai unit bisnis manufaktur unggulan J99 Corp. yang merupakan salah satu perusahaan maklon kosmetik dan skin care terkemuka di Indonesia, menyelenggarakan annual customer gathering di Surabaya, Jawa Timur. 

Gelaran ini merupakan event tahunan terbesar sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh customernya, juga sekaligus menjadi momen perayaan ulang tahun PT Kosmetika Global Indonesia yang baru saja memasuki usia keenam di bulan ini. 

Acara dihadiri oleh sang pemilik sekaligus pendiri, yakni pasangan pengusaha Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana, serta ratusan undangan yang merupakan para pemilik usaha kecantikan atau para beautypreneur berbagai skala, yang telah menjadi pelanggan setia. 

KGI menjadi perusahaan maklon beragam produk perawatan dan kecantikan kulit yang telah dipercaya oleh ratusan brand. Selain itu, salah satu yang jadi sorotan penting adalah diraihnya rekor MURI sebagai perusahaan kosmetik pertama yang menerapkan teknologi Internet of Things di Indonesia.

“Annual customer gathering ini diadakan sebagai bentuk apresiasi KGI kepada seluruh customer yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya kepada perusahaan selama ini. KGI lahir enam tahun yang lalu dari sebuah mimpi untuk terus berkembang dan menjadi besar," ungkap pendiri PT Kosmetika Global Indonesia sekaligus pemilik brand perawatan kulit MS Glow, Shandy Purnamasari.


(Pemberian apresiasi kepada customer setia KGI. Foto: Dok. Istimewa)

"Dengan semakin bertambahnya usia, kami semakin menyadari bahwa kompetisi di dunia maklon skincare dan kosmetik semakin tinggi dan perlu kerja keras yang jauh lebih ekstra agar bisa menjadi perusahaan maklon yang terdepan dan mumpuni. Kepercayaan dan dukungan dari customer pun menjadi salah satu kunci utama kami untuk bisa terus berkembang dan maju seperti saat ini,” tambah Shandy.

Tidak hanya sekedar event berkumpulnya para customer, pemberian apresiasi dalam bentuk reward berupa mobil, motor dan beauty trip ke luar negeri; annual customer gathering ini juga dimanfaatkan oleh untuk memamerkan salah satu keunggulan dalam proses manufacturing produk-produk keluarannya, yaitu teknologi Internet of Things (IoT). 

Dengan menerapkan teknologi IoT, perangkat fisik di pabrik dihubungkan ke internet sehingga dapat dioperasikan tanpa perlu campur tangan manusia karena perasional pabrik bisa dikontrol dari manapun melalui perangkat lunak dari teknologi tersebut. 

Hasilnya, kegiatan produksi menjadi lebih modern, efektif, serta hemat dalam operasional. Atas prestasi inilah, bersamaan dengan event ini diserahkan pula Rekor MURI kepada PT Kosmetika Global Indonesia sebagai “Perusahaan Kosmetik Pertama yang Menerapkan Teknologi Internet of Things di Indonesia”.


(Jusuf Ngadri (Direktur Operasional MURI), Agung Anggara (General Manager PT Kosmetika Global Indonesia), Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana-Founder KGI. Foto: Dok. Istimewa)

“Pencapaian rekor MURI tentu jadi bagian penting dari perjalanan PT Kosmetika Global Indonesia dan jadi penyemangat untuk terus berinovasi. Sesuai dengan tema event ini, yaitu Grow to Glow, teriring harapan agar dengan bertambahnya usia, melalui semangat juara dan nilai-nilai luhur Champion yang senantiasa diterapkan di J99 Corp. dan seluruh unit bisnisnya"

"Kami bisa terus tumbuh dan berkembang tanpa henti, tanpa batas; menjadi perusahaan maklon skincare dan kosmetik yang semakin maju dan cemerlang di Indonesia, serta mampu menebar manfaat bagi seluruh stakeholders-nya, khususnya masyarakat luas,” tambah Shandy.

Dengan tiga lokasi pabrik yang berada di Surabaya, Malang, dan Cikarang, hingga kini PT Kosmetika Global Indonesia telah bekerja sama dengan lebih dari 280 merek, mendaftarkan lebih dari 2000 produk baru, serta telah memproduksi lebih dari 5 juta produk dalam 4 tahun terakhir. 

Selama 6 tahun, beautypreneur telah mempercayakan proses produksi produk-produk skin care dan kosmetik mereka yang telah dikenal dekat oleh masyarakat luas. MS GLOW Beauty, Naturaworld, SUC, dan Bye Bad Skin merupakan beberapa merek besar yang telah menjadi pelanggan setia KGI selama ini. 

Yang semakin membanggakan, di tahun 2024 PT Kosmetika Global Indonesia meningkatkan kerja samanya dengan perusahaan-perusahaan multinasional dan telah resmi memasuki pasar skincare dan kosmetik luar negeri, yaitu Nigeria.

Emy Aghnia, beauty influencer yang juga pemilik Bye Bad Skin mengungkapkan, “Satu kata untuk PT Kosmetika Global Indonesia, yakni lengkap! All in banget semua layanannya, dan sangat membantu pengusaha baik besar maupun kecil untuk bisa terjun di bisnis beauty secara utuh. Mulai dari konsultasi bahan baku produk, jenis produk hingga pembuatan dan strategi marketing brand pun bisa dibantu."

"Selain itu, saya mempercayakan Bye Bad Skin untuk diproduksi di sini sebab dengan teknologi unggulannya sangat memungkinkan untuk memperkecil campur tangan manusia ke dalam pengemasan produk. Artinya, produk akan lebih bersih, steril dan tentu aman bagi para pengguna,” pungkas Emy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(TIN)

MOST SEARCH