BEAUTY

Astringen Vs Toner: Manakah yang Cocok untuk Kulit Sensitif?

Raka Lestari
Minggu 26 September 2021 / 18:00
Jakarta: Salah satu skincare yang mungkin sudah tidak asing bagi banyak orang adalah astringen atau toner. Keduanya memiliki tekstur dan bentuk yang hampir mirip dan biasanya berbahan dasar air. 

Akan tetapi, keduanya tetap memiliki perbedaan. Terutama untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan lebih mudah berjerawat.

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk memilih produk yang tidak terlalu berminyak dan yang dapat menyumbat pori-pori kulit

Selain itu, hindari juga produk yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering karena terlalu banyak bahan kimia keras atau alkohol, sehingga menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak.

Jadi jika memiliki kulit sensitif dan ingin menggunakan toner atau astringen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, mana yang harus digunakan?


toner
(Toner berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah. Toner yang juga dikenal dengan nama astringent, clarifier, atau water refiner. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Toner


Dikutip dari Byrider, toner pertama kali diciptakan sebagai langkah untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dan untuk membersihkan wajah. Untuk mencapai hal ini, toner cenderung mengandung alkohol.

Meskipun demikian, saat ini toner umumnya memiliki konsistensi yang sama seperti air dan bebas alkohol. Mereka tetap masih bisa membantu menghilangkan kotoran atau riasan berlebih atau apa pun yang mungkin tidak terangkat oleh pembersih wajah. 

Tetapi pilihlah toner yang lebih lembut. Toner juga dapat membuat serum atau pengobatan jerawat meresap lebih baik pada kulit.
 

Astringen


Astringen juga berbasis air dan dimaksudkan untuk membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal. Dan sama seperti toner, astringen dirancang khusus untuk menghilangkan minyak berlebih serta biasanya mengandung alkohol.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan gel atau krim perawatan jerawat, mungkin lebih baik menggunakan toner daripada astringen.

Karena efek pengeringan kulit dari alkohol dalam astringen, ditambah dengan perawatan jerawat bisa menyebabkan kulit kering serta menyebabkan iritasi atau kulit yang kering secara berlebihan.
(TIN)

MOST SEARCH