BEAUTY

Beauty Lovers, Ini 4 Tahap Skincare untuk Pemula

Sandra Odilifia
Rabu 18 November 2020 / 14:02
Jakarta: Tak sedikit wanita yang menganggap perawatan kulit wajah dengan skincare itu sulit sekali dipahami atau ribet! Apalagi kalau melihat skincare routine orang Korea yang bisa mencapai 10 step dengan 10 jenis produk yang berbeda. Pasti kamu enggan pakai skincare jadinya ya! 

Padahal, enggak perlu banyak step yang harus kita lakukan untuk melakukan perawatan dengan skincare lho. Kamu cukup mengaplikasikan empat tahapan seperti di bawah ini: 

1. Cleanser 

Mungkin kamu sudah bosan mendengar nasehat tentang membersihkan wajah dengan baik tapi kebanyakan kasus breakout terjadi karena proses pembersihan wajah yang tidak maksimal. Produk makeup dan skincare seperti foundation, BB cream, sunscreen atau moisturizer (terutama yang oil-based) harus dibersihkan secara menyeluruh agar tidak mengendap ke dalam pori-pori.

Kamu membutuhkan first cleanser yang bisa mengangkat minyak, debu, kotoran, serta make up. Lalu, diikuti oleh second cleanser atau sabun cuci muka. Beberapa cleanser yang bisa jadi pilihan adalah cleansing oil, balm, milk, gel atau micellar water. Ingat, sesuaikan produk cleanser dengan kebutuhan kulitmu ya! 

2. Toner

Tidak cukup dengan cleansing, akan lebih baik lagi jika menambahkan toner untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran agar lebih bersih lagi setelah melakukan metode cleansing. Toner juga berfungsi untuk menyerap kulit berminyak. 

3. Moisturizer

Biasa disebut juga sebagai pelembap. Ini merupakan produk skincare yang sangat penting digunakan terutama di pagi hari. Moisturizer berguna mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini dibutuhkan agar kulit tetap lembap, halus, dan sehat. Apalagi, untuk yang bekerja di dalam ruangan ber-AC penting sekali untuk menggunakan moisturizer.

4. Protect (sunscreen)

Percuma kalau kamu sudah melakukan perawatan lengkap dari cleanser hingga moisturizer jika  pada akhirnya tidak memberikan kulitmu perlindungan yang cukup terhadap sinar matahari. Untuk yang beraktivitas di luar ruangan, sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan.

Apalagi, melihat kondisi Indonesia khususnya di Jakarta pada siang hari yang sinar mataharinya sangat menyengat. Sunscreen dapat mencegah sengatan sinar matahari yang berpotensi menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, pilihlah sunscreen yang membuat kulitmu terlindung dari sinar UVA maupun UVB.

(yyy)

MOST SEARCH