BEAUTY

Ini Bedanya Sunscreen dengan Sunblock

Sandra Odilifia
Rabu 11 November 2020 / 08:07
Jakarta: Beauty lovers, tentu kamu sudah tidak asing dengan sunscreen atau sunblock ya! Kedua produk perawatan kulit ini merupakan pelindung dari paparan sinar matahari. Sekilas terkesan sama, tapi sebenarnya kedua produk tersebut memiliki cara kerja yang berbeda lho!

Sunscreen 

Disebut juga sebagai chemical sunscreen. Cara sunscreen bekerja adalah dengan menyerap sinar matahari, lalu menjebaknya agar tidak masuk ke lapisan kulit. American Academy of Dermatology (AAD) mengingatkan bahwa kebanyakan orang dewasa butuh satu ons sunscreen untuk bisa mengaplikasikan seluruh tubuh. Maka, kamu dapat memakainya di leher, telinga, juga kaki. 

Sunscreen terbuat dari oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Sehingga, kadang bisa menimbulkan iritasi bagi kulit sensitif. Namun, keunggulannya dibanding sunblock adalah lebih cepat meresap ke kulit dan tidak menimbulkan whitecast alias bekas putih setelah diaplikasikan.

Sunblock

Biasa dikenal physical sunscreen karena berfungsi sebagai lapisan luar yang mencegah masuknya sinar UV ke kulit (blocking). Sunblock mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Sehingga, aman digunakan oleh berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif yang mudah iritasi dan ibu hamil.

Tekstur sunblock kental dan berminyak. Tabir surya ini diformulasikan untuk menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB, yakni jenis yang menyebabkan kulit terbakar.

(yyy)

MOST SEARCH