BEAUTY

Saat Berusia 40 Tahun Lebih, Berikut 8 Tips Perawatan Kulit untuk Kaum Hawa

Mia Vale
Kamis 15 September 2022 / 13:05
Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan produksi kolagen, minyak alami, dan elastin yang pada akhirnya membuat kulit menjadi kering dan tampak tidak 'bernyawa'. 

Kesalahan perawatan kulit yang mungkin dilakukan seseorang pada usia yang lebih muda mulai terlihat pada akhir 30-an atau awal 40-an. Ini juga ketika kerutan, garis-garis halus, bintik-bintik penuaan mulai muncul di kulit.

Setelah 40 tahun, rejimen perawatan kulit yang ideal harus mencakup tindakan korektif dan pencegahan. "Ini berarti bahwa itu harus mengatasi masalah saat ini serta mencegah kulit dari kerusakan lebih lanjut," jelas Dr Nivedita Dadu, dokter kulit, pendiri dan ketua Klinik Dermatologi Dr Nivedita Dadu, seperti hasil nukil dari Indian Express. 

Berikut perawatan kulit yang dapat diikuti setelah kamu melewati usia 40 tahun:
 

Pilih scrub yang tepat


Saat terjadi pengelupasan kulit dalam rejimen kecantikan kamu, pilih scrub yang sesuai. Pilih scrub sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit kering, gunakan scrub berbahan dasar krim yang tidak hanya membersihkan tetapi juga melembapkan kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan scrub berbasis gel yang akan membantu mengontrol sekresi minyak dan membuat kulit bersih.
 

Gunakan pembersih yang melembapkan


Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan kelembapan dan banyak lemak sehat. Jadi, menjadi lebih kering, lebih iritasi, kurang kenyal dan kurang elastis. Selalu gunakan pembersih non-busa yang lembut dan gunakan pelembap yang baik setelahnya untuk mengunci kelembapan.


(Serum wajah berguna untuk melembapkan kulit, menghilangkan noda hitam, hingga mengatasi kerutan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Gunakan serum


Sertakan serum vitamin C yang kaya antioksidan ke dalam rutinitas pagi. Gunakan serum retinol anti-penuaan dengan vitamin A. Ini membantu memperbaiki tekstur dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan yang terlihat.
 

Atasi bintik hitam


Bekas jerawat, pigmentasi, noda dan bintik hitam adalah produk sampingan lain dari penuaan. Jadi, gunakan korektor bintik hitam yang mengandung vitamin C dan oleskan pada bintik-bintik secara teratur agar memudar. Untuk krim obat yang dapat membantu mengurangi pigmentasi, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter kulit dan menghindari perawatan sendiri.
 

Gunakan tabir surya


Ini bagian penting dari perawatan kulit sehari-hari. Karena sinar ultraviolet dari matahari, bertanggung jawab untuk menyebabkan penuaan dini pada kulit. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan PA rating +++. Tabir surya yang mengandung zinc oxide dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat cahaya buatan yang dipancarkan oleh gadget elektronik.
 

Gunakan krim malam


Cuci muka dengan pembersih ringan dan oleskan krim malam. Ini akan menghidrasi kulit dan membuatnya lebih lembut dan bercahaya.
 

Gunakan pelembap yang tepat


Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih kering karena kelenjar penghasil minyak di kulit menjadi kurang aktif. Gunakan pelembap berbahan dasar minyak ringan yang akan membuat kulit lembut dan kenyal. Jika memiliki kulit berminyak, konsultasikan dengan dokter kulit yang dapat membantu memilih pelembap yang tepat.
 

Gunakan krim mata


Garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata adalah salah satu gejala awal penuaan. Gunakan gel atau krim di bawah mata yang baik yang akan menyehatkan mata kamu dan membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan saat kamu tidur.

(TIN)

MOST SEARCH