BEAUTY

10 Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Yuni Yuli Yanti
Senin 12 September 2022 / 08:00
Jakarta: Warna kulit tidak rata atau umum disebut hiperpigmentasi disebabkan oleh kelebihan produksi melanin (zat pigmen dalam tubuh yang mewarnai rambut dan kulit). Kondisi ini cukup sering dialami kebanyakan orang dan cenderung tidak berbahaya. 

Meski demikian, hiperpigmentasi dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari L'oreal Paris, berikut ini:
 

1. Memakai sunscreen

Cara mengatasi warna kulit wajah tidak merata ini penting karena juga membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Aplikasikan sunscreen sebagai penutup rutinitas skincare-mu di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Gunakan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali, apalagi jika kamu sering berkeringat.
 

2. Eksfoliasi 

Kamu bisa membantu regenerasi kulit berlangsung lebih cepat dengan rutin melakukan eksfoliasi. Terdapat dua jenis eksfoliasi yaitu eksfoliasi fisik berupa scrub atau eksfoliasi kimia dengan produk skincare yang mengandung asam sebagai eksfolian, seperti glycolic acid. Sesuaikan frekuensi eksfoliasi dengan jenis kulit wajahmu.
 

3. Memilih produk skincare yang tepat

Menggunakan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit akan secara otomatis membuat kulit jadi lebih cerah dan segar. Karena itu, selalu pilih produk skincare yang tepat untuk meratakan warna kulit wajah. 
 

4. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih dapat memicu munculnya jerawat atau memperparah peradangan yang sedang terjadi. Ini dapat meninggalkan noda hitam yang butuh waktu untuk pudar dan tampak samar. 


(Rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya dapat mencegah sekaligus mengatasi hiperpigmentasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Menjaga asupan makanan

Beberapa masalah kulit dapat dipicu oleh makanan. Agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya kamu menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi seimbang untuk sehari-hari. Hindari makanan tinggi gula karena gula berlebih dapat memicu peradangan di tubuh, termasuk di kulit. 
 

6. Pastikan tubuh terhidrasi

Asupan cairan dalam tubuh sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit serta membantu regenerasi sel-sel kulit. Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan konsumsi air putih minimal dua liter sehari. Batasi minuman berkafein tinggi dan beralkohol karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.
 

7. Cukup tidur

Begadang punya efek buruk ke kulit. Selain membuat wajah tampak pucat, kulit juga menjadi kusam. Mencukupi waktu tidur sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari masalah hiperpigmentasi. 


(Asupan cairan dalam tubuh sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit serta membantu regenerasi sel-sel kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

8. Jaga pola hidup sehat

Pastikan kamu berolahraga teratur serta tidak merokok untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya.
 

9. Terapi laser

Perawatan di klinik kecantikan dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi warna kulit tidak merata. Terapi laser bisa jadi pilihkan untuk memudarkan hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, PIH, dan pertambahan usia.


10. Memakai produk make up

Pilihan terakhir sebagai cara meratakan kulit belang adalah dengan memakai produk make up. Namun, perlu diingat bahwa efek penggunaan make up hanya sementara, karena itu masalah hiperpigmentasi harus tetap diatasi. 
(yyy)

MOST SEARCH