BEAUTY

Manfaat dari Merawat Kesehatan Kulit dengan Asupan Kolagen

Raka Lestari
Selasa 23 Februari 2021 / 20:11
Jakarta: Perawatan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum memahami akan pentingnya merawat kesehatan kulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kolagen.

“Banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahwa perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda dan tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang agar hasilnya lebih baik,” ungkap Rachel Olsen B.Sc, Nutrition Expert YOUVIT, dalam acara Virtual Press Conference YOUVIT X ERHA Collagen Launch, pada Selasa, 23 Februari 2021.

Menurut Rachel, mulai dari pertengahan hingga akhir usia 20-an, kolagen mulai berkurang. Kadar kolagen yang berkurang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih tipis, sehingga elastisitas kulit menurun dan menyebabkan munculnya garis-garis halus.

“Di samping pertambahan usia, gaya hidup, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan kolagen pada kulit semakin berkurang,” tutur Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa S. Gz, RD.

Puteri menjelaskan bahwa kolagen merupakan protein khusus yang ada di dalam tubuh. Jadi tubuh kita sudah memiliki kolagen, tetapi butuh tambahan kolagen dari luar untuk memaksimalkan produksi di dalam tubuh.

"Selain untuk kulit, kolagen juga ternyata berfungsi sebagai pembentuk struktur jaringan tubuh kita," ujar Puteri.

"Fungsi dari kolagen di antaranya adalah menjaga elastisitas kulit, menjaga agar kulit tetap kencang, mengurangi garis halus pada wajah. Garis pada wajah inilah yang merupakan cikal bakal penyebab wajah menjadi keriput," tambah Puteri.

Kemudian menurut Puteri, kolagen juga berfungsi untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh. Kolagen memang sudah ada di dalam tubuh, tetapi kalau ditambahkan lagi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen, tentunya akan menjadi lebih maksimal manfaatnya.

"Kolagen juga berfungsi untuk membuat tekstur kulit agar menjadi lebi halus. Kalau ingin kulitnya seperti kulit bayi, bisa mengonsumsi kolagen karena bisa membuat tekstur menjadi lebih halus," tutup Puteri.
(FIR)

MOST SEARCH