End Google Analytics -->
BEAUTY

5 Trik yang Bisa Dilakukan untuk Memperkuat Kuku Indahmu

Mia Vale
Senin 16 Januari 2023 / 07:00
Jakarta: Setiap wanita tentu ingin memiliki kuku yang panjang, sehat, dan kuat. Pasalnya, kuku kuat dan sehat bisa menjadi indikator kesehatan yang baik, tapi terkadang kuku tidak sekuat yang diinginkan. Kuku juga dapat mengirimkan banyak pesan kepada orang lain, dan kuku yang lemah atau rapuh dapat menimbulkan perasaan minder.

Untungnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu memperkuat dan memperbaikinya. Jika kamu telah mencoba berbagai pengobatan dan tidak ada yang membantu, segeralah temui dokter. Mungkin ada kondisi mendasar yang menyebabkan kuku tipis atau rapuh, dan hanya dengan mengobati akar penyebabnya, kuku bisa menjadi kuat kembali. 

Namun, sebelum menemui dokter, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami yang telah dinukil dari Times of India untuk membantu menumbuhkan beberapa kuku indah yang tidak hanya cantik tetapi sama kuatnya, seperti di bawah ini:
 

Lemon

Vitamin C dianggap sangat membantu dalam pertumbuhan kuku. Yang kamu butuhkan hanyalah irisan lemon, lalu mengoleskannya pada kuku jari tangan dan kaki, setidaknya sekali sehari. Gosok selama lima menit lalu bilas dengan air hangat. Ini akan membantu kuku tumbuh dan juga akan menjaganya tetap bersih dan bebas bakteri.
 

Minyak kelapa

Memijat kuku dengan minyak kelapa hangat dapat meningkatkan pertumbuhan kuku. Minyak kelapa mengandung Vitamin E dan merupakan sumber antioksidan. Pijat kuku jemari dengan minyak kelapa setiap malam sebelum tidur dan kamu akan melihat perbedaannya.


(Pemakaian kuku akrilik dan gel yang terlalu sering membuat kuku mudah rapuh dan menghambat pertumbuhannya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Jus jeruk

Jeruk membantu dalam produksi kolagen di mana agen penting yang membantu pertumbuhan kuku dan menambah vitalitas kuku. Sifat antioksidan jeruk juga mencegah infeksi. Ambil jus jeruk dalam mangkuk dan rendam kuku selama berkisar 10 menit. Bilas dengan air hangat dan pelembap secara efektif. Coba lakukan ini sekali sehari setidaknya untuk hasil yang diinginkan.
 

Minyak zaitun

Jika kuku rusak dan rapuh, maka minyak zaitun adalah pilihan terbaik. Minyak zaitun mencapai lapisan dalam kuku, menenangkannya dan menyembuhkannya dari semua kekeringan. Ini juga membantu sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan kuku. Hangatkan sedikit minyak zaitun murni dan pijat dengan lembut kuku dan kutikula selama berkisar lima menit. Tutupi tangan dengan sarung tangan dan biarkan semalaman.
 

Kurangi kuku gel dan akrilik

Seni kuku (nail art), gel, dan kuku akrilik terlihat menarik. Namun, kuku akrilik dan gel ini mencegah penguatan dan pertumbuhan kuku. Mempercantik kuku dengan gel atau akrilik sesekali tidak apa-apa. Tetapi penggunaan nail art, akrilik, dan gel secara teratur bisa memperburuk kualitas dan pertumbuhan kuku.
(yyy)

MOST SEARCH