BEAUTY

Sering Pakai Lem Bulu Mata? Waspada Ini Beberapa Risikonya

Raka Lestari
Senin 14 Februari 2022 / 09:00
Jakarta: Bukan rahasia lagi, memakai bulu mata palsu dapat membuat perbedaan besar pada penampilan mata secara keseluruhan. Selain, terlihat lebih cantik, bulu mata palsu juga dapat membuat mata terlihat lebih besar dan segar. 

Seperti diketahui, penggunaan bulu mata palsu tidak lepas dari lem bulu mata untuk membuat bulu mata palsu bisa menempel pada bulu mata aslinya. Akan tetapi, apakah lem bulu mata ini aman untuk digunakan? Apakah tidak ada efeknya pada mata?

Menurut Glamnetic yang dikutip dari The List, penelitian telah menunjukkan bahwa lem bulu mata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Mulai dari kemerahan dan nyeri hingga infeksi mata yang serius, bahkan kanker bila digunakan dalam jangka waktu yang lama.


(Jika lem masuk ke dalam mata, itu dapat menyebabkan kornea tergores dan kemungkinan menyebabkan jaringan parut pada kornea. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

Mengapa lem bulu mata bisa berbahaya?

Menurut Poison Control, lem bulu mata biasanya terbuat dari perekat, surfaktan, pelarut, dan amonium hidroksida. Beberapa perekat ini mengandung bahan-bahan seperti eter glikol, yang dapat menyebabkan keracunan saat tertelan. Perlu juga dicatat bahwa banyak bahan dalam lem bulu mata, seperti alkohol dan detergen yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata.

Missouri Poison Center menyebutkan bahwa efek samping dari penggunaan lem bulu mata dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kerusakan kornea hingga reaksi alergi. Selain itu, penggunaan bulu mata palsu juga dapat meningkatkan risiko untuk mengalami infeksi mata karena bakteri dan jamur yang berpotensi serius.

Risiko kerusakan tersebut akan meningkat jika lem yang digunakan terlalu dekat dengan mata atau tidak sengaja terkena mata. Jika lem masuk ke dalam mata, itu dapat menyebabkan kornea tergores dan kemungkinan menyebabkan jaringan parut pada kornea.

Kemudian, ada risiko uap dari lem yang bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan rasa terbakar, gatal, dan reaksi yang lebih serius terjadi. Untuk itu, jika kamu sedang ingin menggunakan bulu mata palsu maka sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya, sehingga dapat memastikan bahwa pemasangan bulu mata palsu dilakukan dengan aman dan benar.
(yyy)

MOST SEARCH