BEAUTY

Ini Manfaat Artichoke untuk Perawatan Wajah yang Jarang Diketahui

Yuni Yuli Yanti
Jumat 14 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Mungkin sebagian dari Teman Gaya masih asing dengan artichoke dalam dunia kecantikan. Artichoke adalah tunas bunga thistle yang dipanen sebelum bunganya mekar. artichoke biasanya dijadikan lauk sayuran teman makan nasi, tapi juga umum dimanfaatkan sebagai obat herbal tanpa efek samping.

Lebih lanjut, artichoke juga sangat kaya akan antioksidan dan mencegah stres oksidatif yang meningkatkan kesehatan kulit, serta memperlambat penuaan kulit. Diperkaya dengan vitamin C, bahan ajaib ini membantu dalam pengembangan kolagen yang sehat dan membantu detoksifikasi. 

Bahkan, ekstrak daunnya mengandung bahan kimia penting yang disebut cynaropicrin, yang memberikan perlindungan terhadap radiasi UV yang berbahaya dari matahari. 


(Diperkaya dengan vitamin C, artichoke dapat membantu dalam pengembangan kolagen yang sehat dan  detoksifikasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Mengutip dari HealthShots, berikut sederet manfaat artichoke yang jarang diketahui dalam dunia perawatan kulit!

 

Menghilangkan pori-pori terbuka

Memiliki kulit awet muda yang sempurna adalah dambaan setiap wanita. Bahan alami ini meminimalkan pori-pori terbuka dan membangun kolagen. Kaya akan vitamin C, artichoke efektif dalam mengecilkan pori-pori dan memperlambat proses penuaan sehingga kulit tampak segar dan muda. Juga, ekstrak artichoke diyakini dapat mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit baru.

 

Menyembuhkan jerawat

Karena artichoke kaya akan antioksidan maka tanaman ini membantu menghilangkan semua kotoran dan racun dari kulit sehingga menghasilkan kulit yang bersih. Artichoke juga memiliki jumlah protein yang tinggi yang bekerja untuk regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan sehingga kulit bebas jerawat.


(Bahan alami ini meminimalkan pori-pori terbuka dan membangun kolagen. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Selamat tinggal pada peradangan

Kulit selalu terpapar polusi dan radiasi UV yang mengakibatkan ruam, kemerahan, dan bengkak. Sehingga sulit untuk melindungi kulit secara menyeluruh. Ekstrak daun artichoke memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, tabir surya dengan ekstrak artichoke juga memiliki sifat anti-penuaan yang luar biasa untuk kulit yang telah rusak akibat paparan radiasi UV berkepanjangan. Serta memperbaiki dan menyembuhkan sel-sel kulit dan membuka pori-pori yang memberikan cahaya yang sehat dan bercahaya.
 

Keajaiban untuk kulit menopause 

Pada saat menopause, tubuh berhenti membuat kolagen yang mengakibatkan penurunan elastisitas kulit, menimbulkan garis-garis halus, kerutan, serta membuat kulit kendur, kering dan tipis. Ekstrak daun artichoke menghilangkan garis-garis halus dan kerutan serta membuat kulitmu terlihat lebih muda dan segar.
(yyy)

MOST SEARCH