BEAUTY

Pentingnya Memakai Sunscreen Meski Kamu di Rumah Aja

Raka Lestari
Selasa 01 Februari 2022 / 08:00
Jakarta: Pemerintah kembali menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), karena meningkatnya kasus varian Omicron. Alhasil, kamu dianjurkan untuk tetap berada di rumah demi mencegah penyebaran virus Covid-19.  

Meskipun berada di dalam rumah, kamu dianjurkan untuk tetap menggunakan sunscreen demi melindungi kulit wajah ya. Memang menggunakan sunscreen ketika berada di dalam ruangan mungkin terasa sedikit aneh, tetapi nyatanya itu sangat penting lho.

Pasalnya, meski jendela bisa melindungi wajah dari sinar matahari UVB, namun jendela tidak dapat melakukan perlindungan dari sinar matahari UVA dan jenis sinar matahari inilah yang paling bisa membahayakan kulitmu. 

Mengutip dari The List, sinar matahari UVA tidak hanya dapat mengurangi kolagen pada kulit, tetapi berpotensi menyebabkan bintik kehitaman, keriput, dan kulit yang tampak kusam. Selain itu, paparan sinar UVA yang terlalu lama juga dapat menyebabkan risiko untuk terkena kanker kulit.

Terutama jika kamu duduk dekat jendela, sebaiknya kamu tidak lupa menggunakan sunscreen baik ketika berada di rumah ataupun di kantor. 


(Memakai sunscreen di dalam ruangan tidak hanya melindungi wajah dari paparan sinar UVA, tetapi juga melindungi kamu dari cahaya biru. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Joshua Zeichner, seorang dermatology dari Mount Sinai Hospital, New York mengatakan sinar UVA dapat menembus kaca jendela. Jadi menggunakan sunscreen sangatlah penting meskipun kamu berada di dalam ruangan. 

Dan, jika kamu duduk dekat jendela baik di kantor atau bahkan di gym, kamu bisa terkena paparan sinar UVA yang bertanggung jawab pada penuaan dini dan kanker kulit.

Memakai sunscreen di dalam ruangan tidak hanya melindungi wajah dari paparan sinar UVA, tetapi juga melindungi kamu dari cahaya biru. Yakni cahaya yang dipancarkan oleh semua layar elektronik, mulai dari laptop, tablet, hingga smartphone.

Meskipun, belum ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan efek cahaya biru atau blue light pada kulit, tetapi ada indikasi yang menunjukkan cahaya biru juga dapat merusak kolagen kulit kita. Dan cahaya biru juga dapat memengaruhi kulit secara tidak langsung dengan menekan produksi alami melatonin, yang dapat memengaruhi kualitas tidur.
(yyy)

MOST SEARCH