BEAUTY

7 Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Rosacea

Mia Vale
Selasa 15 November 2022 / 15:00
Jakarta: Bagi banyak orang, rosacea tidak hanya menyebabkan wajah memerah tapi juga bisa berupa benjolan seperti jerawat, iritasi mata, dan kulit menebal, menurut National Rosacea Society.

Rosacea dapat dialami oleh siapa saja. Namun, kondisi ini umumnya menyerang wanita paruh baya yang memiliki kulit berwarna terang. Meskipun, belum ada obat khusus untuk rosacea, tapi sudah tersedia perawatan untuk mengontrol dan mengurangi gejalanya. Jadi, yuk coba tips perawatan kulit rosacea berikut ini:
 

Ketahui dan hindari pemicu rosacea

Makanan pedas, alkohol, paparan sinar matahari, panas atau dingin yang ekstrem, stres, dan bahkan produk perawatan kulit dapat memicu rosacea, menurut National Rosacea Society. Menurut Michele Green, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City, kamu bisa menghindari beberapa pemicunya, seperti mandi air dingin atau membersihkan wajah dengan lembut menggunakan produk perawatan kulit rosacea. "Ingat, jangan menggosok, karena ini akan memperburuk keadaan," saran Dr. Green.
 

Gunakan pelembap

Pelembap adalah produk perawatan kulit yang penting untuk rosacea. Amy Forman Taub, MD, seorang dokter kulit di daerah Chicago dan asisten profesor klinis di Sekolah Kedokteran Universitas Northwestern, memberi tahu pasien rosacea untuk menggunakan pelembap setiap hari. "Pelembap menciptakan penghalang yang mengunci iritasi dan dapat membantu mencegah gejala. Pilih pelembap yang bebas minyak, bebas pewangi, dan hipoalergenik. Semakin sedikit bahan, semakin baik," kata Dr. Taub. 
 

Gunakan pembersih lembut

Sama seperti pelembap, jenis pembersih yang digunakan dapat memengaruhi rosacea. "Jika  menderita rosacea, kamu perlu menghindari pembersih dan astringen yang keras, karena dapat memperburuk rosacea," ujar Green. Hati-hati dengan produk yang mengandung retinoid atau asam salisilat. Pembersih harus bebas pewangi dan hipoalergenik. 


(Rosacea umumnya menyerang wanita paruh baya yang memiliki kulit berwarna terang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Berhati-hatilah dengan facial

Pengelupasan kimiawi, perawatan mikrodermabrasi, dan bahkan perawatan wajah biasa dapat memperburuk rosacea. "Perawatan ini bisa mengiritasi kulit, yang dapat memperparah rosacea," ujar Dr. Green. Jika menginginkan perawatan peremajaan untuk membuat kulit  terlihat lebih muda atau halus, kamu dapat bekerja sama dengan dokter kulit untuk menemukan pilihan perawatan kulit lainnya.


Cermat memilih make up

Pilih riasan berbahan dasar mineral yang bebas pewangi. Ini cenderung tidak terlalu mengiritasi kulit dibandingkan jenis riasan lainnya. Formula riasan apa pun untuk rosacea juga diperhitungkan. Saat memilih alas bedak, Green menyarankan untuk memilih bedak padat daripada formula cair karena cairan dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk gejala rosacea.


Gunakan tabir surya

National Rosacea Society menemukan bahwa pemicu utama rosacea adalah paparan sinar matahari. Faktanya, 81 persen responden mengatakan bahwa matahari memicu munculnya rosacea. Saat kamu berada di bawah sinar matahari, praktikkan keselamatan matahari dengan gunakan tabir surya, kenakan topi bertepi lebar, dan sebisa mungkin tetap berada di tempat teduh.

"Secara umum, tabir surya dengan bahan kimia terlalu mengiritasi bagi penderita rosacea, tetapi bagian dari perawatan rosacea adalah perlindungan matahari," tandas Chris G. Adigun, MD, dokter kulit bersertifikat di Chapel Hill, Carolina Utara. Pilihlah tabir surya dengan pemblokir fisik, seperti seng oksida atau titanium, bebas pewangi, dan hipoalergenik.


Minimalkan gejala rosacea

Untuk meminimalkan gejala rosacea, coba letakkan kompres es di wajah untuk meredakan peradangan. Ekstrak teh hijau juga bisa menenangkan. Selalu perhatikan suhu pada apa pun yang diaplikasikan pada kulit sensitifmu. "Jangan gunakan apa pun yang panas, karena itu akan memperburuknya," katanya. Konsultasikan dengan dokter kulit tentang strategi untuk mengendalikan suar rosacea. Mereka mungkin memiliki produk perawatan kulit rosacea khusus untuk direkomendasikan.
(yyy)

MOST SEARCH