BEAUTY

5 Trik untuk Rambut Sehat dan Tampak Lebih Penuh

Mia Vale
Minggu 17 Juli 2022 / 10:00
Jakarta: Semua orang, utamanya perempuan pasti menginginkan rambut sehat dan berkilau. Namun, tak jarang banyak pula yang menyepelekan perawatan kesehatan rambut. Bagi mereka, mungkin kesehatan rambut tidak sepenting kesehatan tubuh.

Padahal, dengan tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu.

Sebenarnya, untuk merawat rambut tidak harus melulu dilakukan di salon. Melainkan, bisa dilakukan sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil maksimal.

Bahkan diet sehat pun bisa menjadikan rambutmu terawat dengan baik. Nah, dari hasil yang sudah dirangkum laman Health Line, berikut beberapa trik perawatan rambut agar tetap sehat.
 

Perbanyak protein


Diet lengkap merupakan faktor penting dalam merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Rambut utamanya terdiri dari protein. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 45 gram protein setiap hari, meliputi:

- Daging tanpa lemak 
- Unggas 
- Ikan 
- Kacang polong
- Produk susu rendah lemak 
- Telur 

Diet dengan protein yang tidak memadai dapat menyebabkan rambut lemah, rapuh dan kehilangan warna rambut, serta kerontokan rambut itu sendiri. 



(Salah satu keunggulan ikan sarden adalah kandungan asam lemak Omega-3 di dalamnya. Omega-3 bisa menurunkan risiko pengentalan darah dan tekanan darah rendah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Konsumsi Omega-3 


Meningkatkan asupan asam lemak Omega-3 dapat merangsang folikel rambut dan kelenjar sebaceous. Meskipun ini tidak akan menyebabkan rambut tumbuh, ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Asam lemak Omega-3 ditemukan pada ikan air dingin, seperti salmon, sarden, dan herring. 
 

Pilih sampo yang tepat 


Menggunakan sampo dan zat penata rambut yang salah dapat menyebabkan kerusakan rambut yang signifikan. Cari produk yang tepat untuk jenis rambutmu - berminyak, normal, atau kering - dan targetkan masalah apa pun yang kamu miliki, seperti ketombe. Cobalah untuk menghindari sampo dengan bahan-bahan yang keras, seperti amonium lauril sulfat atau natrium lauril sulfat. 
 

Pakai kondisioner 


Conditioning setelah keramas adalah langkah penting untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah diatur. Pilihlah kondisioner terpisah atau sampo dengan kondisioner bawaan. Sisir conditioner melalui untuk pemerataan.

Biarkan di rambut kamu selama dua hingga tiga menit sebelum dibilas. Sama seperti mencuci rambut, tidak semua orang membutuhkan kondisioner setiap kali mencuci rambut. 
 

Cuci dan sikatlah rambut


Para ahli mengatakan, banyak orang yang keramas berlebihan atau salah keramas. Aturan standarnya adalah: 

- Jangan mencuci rambut lebih dari sekali sehari
- ?Gunakan hanya cukup produk untuk menutupi rambut
- Hindari menggunakan air yang sangat panas atau sangat dingin
- Rawat rambut dengan lembut saat basah karena rambut tiga kali lebih rentan patah. Jangan menggosok rambut basah secara berlebihan dengan handuk
- Gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah kusut, tetapi jangan menyisir terlalu banyak atau menyisir rambut basah

(TIN)

MOST SEARCH