BEAUTY

Hilangkan Ujung Rambut Bercabang dengan 9 Cara Mudah Ini

Mia Vale
Minggu 17 Juli 2022 / 14:00
Jakarta: Bila kamu memiliki rambut panjang, hitam terurai, dan berkilau, tentu hal ini akan sempurna. Sayangnya, ternyata rambutmu memiiliki ujung yang bercabang. Ujung bercabang ini terjadi saat ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan berjumbai. 

Paparan terhadap kondisi cuaca ekstrem, dan teknik perawatan rambut seperti blow dry, pelurusan, dan pengeritingan dapat menyebabkan ujung rambut bercabang. Hampir setiap orang akan berurusan dengan ujung bercabang di beberapa titik. 
 

Bye-bye ujung bercabang 


Ujung yang terbelah tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menyingkirkannya adalah dengan memotongnya. Masker rambut sering dipasarkan sebagai obat ujung bercabang.

Meskipun mereka melembapkan rambut, dan dapat membantu menyembunyikan ujung bercabang atau membantu mencegahnya, mereka tidak akan membuatnya hilang.



(Salah satu cara mengurangi rambut bercabang yaitu Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut basah. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Yuk, cegah ujung bercabang!


Sulit untuk mencegah ujung rambut bercabang. Namun, menurut laman Healthline, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahannya. Beberapa gaya rambut, seperti kuncir kuda dan lilitan rambut, dapat menyebabkan ujung rambut bercabang. 

Membatasi seberapa sering memakai gaya rambut ini dan menggunakan ikatan rambut yang lebih lembut dapat membantu mencegah kerusakan. Sementara cara pencegahan lainnya, meliputi:

- Potong rambut secara teratur, sebaiknya setiap enam minggu
- Jangan mencuci rambut setiap hari
- Saat mencuci, pertimbangkan untuk hanya menggunakan kondisioner dan melewatkan sampo
- Pilih sampo alami yang tidak mengandung bahan keras
- Gunakan kondisioner setelah keramas atau gunakan kondisioner tanpa bilas
- Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut basah
- Batasi layanan yang merusak rambut, seperti pewarnaan dan pelurusan kimia
- Gunakan semprotan pelindung panas, dan minimalkan penggunaan panas
- Konsumsi suplemen yang memperkuat rambut, seperti biotin dan asam folat

Secara umum, ujung rambut bercabang dapat memengaruhi tampilan rambut dan, jika tidak diatur, menyebabkan kerusakan rambut dalam jangka panjang. Dalam hal rambut bercabang, pencegahan adalah kuncinya. 

Meskipun mungkin tidak berniat menghilangkan alat penata rambut, menggunakannya sedikit lebih sedikit dan menjaga rambut tetap terkondisi dengan baik dapat membantu mencegah kerusakan rambut.

(TIN)

MOST SEARCH