BEAUTY

Tips Mudah Bleaching Highlight Rambut Sendiri di Rumah

Yuni Yuli Yanti
Kamis 17 November 2022 / 09:00
Jakarta: Selama pandemi, banyak kegiatan yang akhirnya dikerjakan di rumah. Termasuk mewarnai rambut yang tadinya biasa dilakukan di salon, namun untuk menghindari penyebaran penyakit, tak sedikit orang yang melakukannya sendiri di rumah. 

Salah satu teknik mewarnai rambut yang sedang populer saat ini adalah highlight, yaitu memberi warna lebih terang dari warna dasar rambut di beberapa bagian rambut tertentu yang dipilih secara strategis. Tujuannya untuk membuat rambut terlihat lebih berdimensi, lebih bervolume, membuat warna kulit wajah terlihat lebih cerah, serta tampilan rambut lebih modern. 

Untuk mendapatkan warna rambut yang lebih terang ini, bagian-bagian rambut yang dijadikan highlight akan di-bleach terlebih dahulu. Karena umumnya highlight hanya 1-2 tingkat lebih terang dari warna rambut dasar, maka level bleaching highlight rambut pun juga tidak terlalu tinggi.  

Sebelum melakukan bleaching rambut, kamu harus memastikan bahwa rambutmu benar-benar sehat, dalam artian rambut terhidrasi dengan baik, kelembapannya terjaga, dan terasa lembut. Karena itu, ada baiknya jika jauh hari sebelum bleaching, kamu sudah terlebih dulu rutin melakukan perawatan rambut. 

Setelah itu, siapkan perlengkapan mulai dari kain atau handuk bekas untuk menutup bahu, kaos bekas untuk kamu kenakan, highlight cap, sarung tangan, dan cat rambut jika kamu ingin mewarnai rambut yang sudah di-bleaching. Selain itu, cuci rambutmu beberapa jam sebelum bleaching agar rambut bersih, memiliki sedikit minyak alami, dan dalam keadaan kering. 


(Sebelum melakukan bleaching rambut, kamu harus memastikan bahwa rambutmu benar-benar sehat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Kemudian, kenakan highlight cap dan keluarkan rambut yang akan di-bleach sesuai keinginanmu lewat lubang-lubang yang ada. Lalu, ikuti tahapan proses bleaching yang dilansir dari laman L'oreal Paris berikut ini:

1. Campurkan bubuk bleach, krim lightening, dan krim developer di botol aplikator. Kocok hingga semuanya menyatu dengan sempurna. 

2. Aplikasikan krim di rambut yang akan di-highlight. Gunakan aplikator untuk membantu meratakan aplikasi. Setelah itu, diamkan sesuai waktu yang disarankan di lembaran petunjuk pemakaian.

3. Setelah bleaching selesai, cuci dan bilas rambut dengan sampo khusus sampai bersih. 

4. Aplikasikan masker rambut pada kondisi rambut yang masih setengah basah, diamkan selama 10-15 menit untuk menghindari porositas batang rambut.

5. Cuci dan bilas rambut sampai bersih. Pada tahap ini, kamu sudah selesai melakukan bleaching highlight rambut. Jika ingin memberi warna rambut bleaching, maka lanjutkan ke tahapan mewarnai rambut menggunakan warna yang kamu sukai. 

Selamat mencoba!
(yyy)

MOST SEARCH