BEAUTY

Enggak Perlu ke Salon, Ini Cara Mudah Mewarnai Rambut di Rumah

Yuni Yuli Yanti
Rabu 27 April 2022 / 08:00
Jakarta: Tentu kamu setuju, mewarnai rambut di salon cukup menyita waktu dan biaya bukan! Nah, untuk kamu yang sedang ingin berhemat namun tetap ingin bergaya dengan warna rambut baru, kamu bisa melakukannya sendiri kok di rumah. 

Memang mungkin hasilnya tidak semaksimal seperti di salon, tapi enggak ada salahnya jika kamu mencobanya terlebih dulu. Mengutip dari L'oreal Paris, ada empat cara mudah mewarnai rambut yang bisa kamu ikuti!

 

1. Memilih produk yang tepat

Cara mewarnai rambut di rumah yang paling praktis adalah dengan menggunakan produk pewarna rambut yang aman sekaligus sudah terpercaya. Dalam memilih warna rambut baru, kamu bebas berekspresi tanpa batasan.

Bila lebih menginginkan warna-warna yang natural, kamu dapat mencoba warna-warna lembut seperti cokelat tua atau hitam. Namun, jika kamu ingin mengubah penampilan secara total, pilihlah warna-warna terang seperti merah maroon, cokelat muda, ungu atau abu-abu. 

 

2. Siapkan perlengkapan 

Pertama, siapkan sarung tangan plastik, sisir gerigi, dan juga kuas. Perhatikan pula kondisi rambut yang akan diwarnai. Sebagian besar pewarna rambut diformulasikan bekerja lebih baik pada rambut kering yang belum dicuci. Namun, bukan berarti kondisi rambut tidak bersih. Keramaslah paling tidak 24-48 jam sebelum melakukan proses pewarnaan.

Jeda waktu itu memungkinkan rambut memproduksi minyak alami untuk menjadi pelindung rambut dan membantu mengikat warna pada helaian rambut. Selain itu, sebaiknya hindari pemberian kondisioner sebelum proses mewarnai karena bisa menghambat proses pengikatan warna.


(Saat menyisir, pastikan untuk melakukannya hingga ke ujung rambut untuk membantu menghilangkan pewarna berlebih. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Aplikasikan produk dengan merata

Cara mewarnai rambut agar warna merata adalah dengan membagi-bagi rambut dalam beberapa bagian untuk kemudian Anda kerjakan satu per satu. Oleskan pewarna dari bagian batang ke ujung rambut, lalu sikat rambut dengan sisir bergigi jarang. Saat menyisir, pastikan untuk melakukannya hingga ke ujung rambut untuk membantu menghilangkan pewarna berlebih. Trik ini bisa membantu untuk mengaplikasikan produk secara merata.

Setelah selesai dengan satu bagian, kamu dapat menggulung rambut dan menjepitnya. Kemudian, lanjutkan proses ini sampai semua bagian terwarnai sempurna. Diamkan selama 30 menit untuk hasil yang maksimal.

 

4. Bilas dan gunakan kondisioner

Setelah 30 menit, bilas rambut dengan air tanpa menggunakan sampo. Beri pijatan ringan pada bagian kulit kepala menggunakan ujung jari untuk membersihkan dan terus alirkan air hangat sampai air bilasan berubah jernih. Setelah selesai, akhiri dengan mengaplikasikan kondisioner untuk menjaga kelembapan dan menjadikan rambut tetap lembut.
(yyy)

MOST SEARCH