BEAUTY

5 Cara Menggunakan Kiwi untuk Kulit Cerah Secara Instan

Yuni Yuli Yanti
Rabu 06 April 2022 / 07:00
Jakarta: Kiwi adalah makanan super yang memiliki rasa manis asam. Dalam hal kualitas nutrisinya, kiwi memiliki enzim proteolitik alami yang disebut actinidin yang dapat memecah protein dan membantu pencernaan untuk merangsang metabolisme. Selain itu, buah berwarna hijau kekuningan ini juga membantu dalam mengubah komunitas mikroba kolon manusia dan membantu kesehatan usus. 

Namun, bukan cuma baik untuk kesehatan tubuh, buah yang memiliki nama lain Gosberi China ini ternyata juga bisa dipakai sebagai perawatan kulit. Terutama untuk mencerahkan kulit

Dr. Sonali Chaudhary, Dermatologis Integratif dan Kosmetik, Pendiri Perawatan Kulit Holistik yang berbasis di Saket New Delhix mengatakan kiwi dapat mencerahkan kulit karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sifat antioksidan yang kuat dari vitamin C membantu dalam memperbaiki kerusakan kulit akibat kerusakan oksidatif. 

"Oleh karena itu, ini membantu memudarkan bintik hitam, pigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. Selain vitamin C, kiwi juga mengandung vitamin E, folat, potasium, serat, gula, enzim, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit," tuturnya dikutip dari HealthShots. 


(Kiwi memiliki enzim proteolitik alami yang disebut actinidin yang dapat memecah protein dan membantu pencernaan untuk merangsang metabolisme. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)



Dr. Chaudhary menyebutkan lima cara menggunakan kiwi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, di antaranya:

 

1. Mengelupas kulit

Kamu dapat menggunakan kulit kiwi untuk mengelupas kulit dengan melakukan pijatan lembut pada kulit yang bersih. Kulit kiwi memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat mencegah penumpukan kulit mati dan membantu mencerahkan.

 

2. Segarkan kulit 

Cara lain yang disarankan oleh Dr Chaudhary untuk memaksimalkan kiwi adalah dengan mendinginkan jus kiwi menjadi es batu. Kulitmu akan langsung terasa berenergi. Antioksidan di dalamnya juga akan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

 

3. Mencerahkan kulit secara instan

Daging buah kiwi memiliki kandungan asam askorbat dan tokoferol tertinggi. Dapat digunakan sebagai masker wajah pencerah kulit dengan mencampurkan kiwi (yang sudah dihancurkan)   dengan bumi Fuller (jika kamu memiliki kulit berminyak) atau minyak Argan (jika kamu memiliki kulit kering). Oleskan lapisan tipis masker ini dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan menggunakan air dingin untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih muda dan bercahaya.


(Tak hanya sebagai perawatan kulit luar, jika dikonsumsi langsung kiwi juga dapat membantumu mendapatkan cahaya dari dalam lebih cepat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Meratakan warna kulit

Buah ini juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit di area gelap tubuh. Kamu hanya perlu membuat campuran dari kiwi yang sudah dihancurkan dengan menambahkan kapsul vitamin E dan lalu aduk rata sampai membentuk tekstur krim. “Anda dapat menggunakan campuran ini pada lutut dan siku yang gelap untuk mencerahkan kulit dan meratakannya,” kata Dr Chaudhary.

 

5. Masker mata

Ambil irisan kiwi yang didinginkan, letakkan di bawah mata untuk menghilangkan mata lelah dan bengkak. Tak hanya sebagai perawatan kulit luar, jika dikonsumsi langsung kiwi juga dapat membantumu mendapatkan cahaya dari dalam lebih cepat.
(yyy)

MOST SEARCH