BEAUTY

5 Cara Bersihkan Perhiasan Perak dalam Hitungan Menit

Sandra Odilifia
Selasa 20 Oktober 2020 / 09:00
Jakarta: Hampir semua wanita menyukai perhiasan seperti kalung, cincin, anting-anting dan gelang. Namun, kamu tidak perlu membayar mahal untuk membersihkan perhiasan, khususnya perak, agar terlihat bersinar kembali.

Kamu dapat membersihkan perhiasan dengan trik sederhana, dan tentunya dengan bahan-bahan rumah tangga yang mudah di dapatkan. Berikut beberapa tips membersihkan perhiasan perak agar tampak seperti baru, yang dikutip dari Better Homes and Garden.
 

1. Buat pasta soda kue


Campurkan dua sendok soda kue dengan satu sendok air untuk membuat pasta, lalu gosok perlahan ke perhiasan. Bilas dan keringkan dengan kain lembut atau handuk mikrofiber.

kamu juga dapat mengikuti metode serupa dengan menggunakan tepung jagung. Biarkan pasta benar-benar kering untuk menghilangkan noda.
 

2. Campur lemon dan minyak zaitun


Campurkan setengah cangkir jus lemon dan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam larutan. Celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok perlahan perak sampai bersinar. Bilas dan keringkan.


perak
(Coba bersihkan dengan beberapa metode di atas atau di bawah ini. Dan kamu akan melihat perhiasan perak kamu mengilap kembali. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Campurkan cuka dan soda kue


Campurkan setengah cangkir cuka putih dan dua sendok makan soda kue, lalu biarkan perhiasan perak kamu terendam dalam campuran selama dua sampai tiga jam sebelum dibilas dan dipoles.
 

4. Cobalah pasta gigi


Sedikit pasta gigi encer dan sikat berbulu lembut dapat sangat membantu membersihkan perhiasan perak sterling. Pastikan saja pasta gigi tersebut bukan formula pemutih, dan jangan gunakan metode ini pada apa pun yang berlapis perak.
 

5. Air hangat dan sabun


Campurkan air hangat dengan sabun pencuci piring atau sampo bayi, kemudian aduk sampai terbentuk gelembung. Rendam perhiasan dalam larutan tersebut selama 5 hingga 10 menit.

Setelahnya, gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan celah-celah perhiasan. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan kain perak atau handuk mikrofiber.

Hindari menggunakan handuk kertas, karena dapat menggores perak. Sekarang perhiasan perak kamu sudah kinclong lagi deh. Selamat mencoba ya!
(TIN)

MOST SEARCH