BEAUTY

6 Rekomendasi Dokter Kulit untuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering

Mia Vale
Selasa 06 Juni 2023 / 09:00
Jakarta: Umumnya jerawat akan timbul pada jenis kulit berminyak. Tapi ternyata, kulit kering pun bisa menyebabkan jerawat. Hal ini kemungkinan karena pori-porimu terlalu mengimbangi kurangnya kelembapan dan minyak. 

Meskipun jerawat ini dapat diatasi, namun penanganannya dapat menggunakan pendekatan yang berbeda. Pasalnya, kelebihan minyak bukanlah akar masalahnya.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan produksi dan kelembapan sebaceous. Sayangnya, jerawat dapat mulai meningkat seiring bertambahnya usia karena ketidakseimbangan hormon, stres, pola makan, faktor lingkungan, dan genetika. Jadi, jerawat yang meningkat dapat dimulai saat kulit menjadi lebih kering.

Namun begitu, dengan kulit kering, jerawat masih bisa diobati. Hanya perlu memahami cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat tanpa memperparah kekeringan kulit. 

"Mengobati jerawat jika Anda memiliki kulit kering merupakan tantangan, karena perawatan jerawat sebenarnya dapat membuat kulit jadi lebih kering," jelas dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, MD kepada Byrdie.

Di bawah ini, beberapa tips yang direkomendasikan dokter kulit tentang cara mencegah berjerawat saat kamu memiliki kulit kering, di antaranya: 
 

Rutin merawat kulit 

Pertahankan rutinitas perawatan kulit dengan teratur. Memperkenalkan produk baru dapat membuat kulit kembali beradaptasi dan bisa jadi justru membuatnya semakin kering. 
Jika ingin mencoba sebuah produk mulailah dengan formula lembut, dan lanjutkan dengan hati-hati saat memperkenalkan bahan atau produk baru. Sebaiknya lakukan perubahan satu per satu, sehingga kamu dapat menentukan dengan tepat apa yang membantu atau menyebabkan masalah.
 

Gunakan pembersih penghidrasi

Mencuci wajah dua kali sehari dan untuk kulit kering, pilihlah pembersih bertekstur susu, karena tidak akan menghilangkan minyak alami kulit. Jika wajahmu terasa sangat kering dan kencang setelah mencucinya, cobalah formula yang lebih menghidrasi atau ganti dengan mencuci wajah hanya pada malam hari untuk melihat apakah itu membantu.
 

Coba retinol secukupnya

Retinol bekerja untuk membuka pori-pori yang tersumbat dengan mengelupas sel-sel kulit mati, dan membantu kulit tetap bersih. Dokter kulit merekomendasikan untuk menggunakan retinol sekali atau dua kali seminggu, bukan setiap malam. Jika ternyata  masih sensitif terhadap retinol, cobalah menyelipkannya di antara pelembap dan lihat apakah itu membantu.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Melembapkan

Biasanya orang dengan kulit berjerawat takut akan kelembapan, tetapi faktanya semua jenis kulit membutuhkan hidrasi (dan bahkan minyak) untuk berkembang. Mereka yang berjerawat cenderung takut dengan minyak, padahal sebenarnya minyak adalah cara yang bagus untuk menambah kelembapan kembali ke kulit. 

Untuk kulit berjerawat, minyak wajah membantu mengurangi peradangan. Efek ini membantu mengurangi jerawat dan meminimalkan hiperpigmentasi pasca inflamasi yang dapat terjadi setelah munculnya jerawat.
 

Tingkatkan penghalang kulit 

Seperti disebutkan, salah satu penyebab jerawat paling umum dengan kulit kering adalah penghalang kulit yang rusak. Jika ini terdengar mengkhawatirkan, jangan takut!  Produk dengan bahan peningkat penghalang, seperti ceramide dan squalane dapat membantu mengembalikan warna kulit ke kondisi paling 'bahagia' dan sehat. Saat membangun rutinitas, cari serum dan pelembap yang berfokus pada penghalang yang mengandung bahan reparatif lembut.
 

Hindari pengelupasan berlebihan

Perlakukan kulit dengan lembut, karena pengelupasan yang terlalu keras dapat menghilangkan kelembapan yang dibutuhkan atau menyebabkan kerusakan penghalang. Hindari menggosok wajah terlalu keras. Pasalnya ini dapat meningkatkan kekeringan dan iritasi. 

Kiat lain, jauhi produk yang mengeringkan dan astringen. Hindari toner berbahan dasar alkohol, karena sering kali tidak banyak membantu mengobati jerawat, dan justru membuatnya makin sulit untuk mentolerir perawatan yang lebih manjur seperti retinoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


(yyy)

MOST SEARCH