BEAUTY

Prediksi Tren Kecantikan 2026: 'Clean Beauty' Masih Jadi Primadona Industri Skincare

Yuni Yuli Yanti
Kamis 06 November 2025 / 08:00
Jakarta: Dunia kecantikan terus mengalami transformasi yang luar biasa. Jika di tahun 2025, tren kecantikan diramaikan oleh konsep skinimalism. Tahun 2026, 'clean beauty' disebut-sebut bakal merajai industri skincare, enggak cuma di tanah air tapi juga secara global!

Clean beauty adalah konsep perawatan kulit yang berfokus pada penggunaan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Memang, tidak ada definisi tetap mengenai clean beauty dikarenakan regulasi tiap negara berbeda. 

Namun, menurut laman NIXX, beberapa brand mengedepankan clean beauty sebagai produk yang mengandung bahan alami, sementara yang lain lebih mengedepankan sustainability yang aman untuk keberlanjutan, dengan tetap menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya.


(Minat terhadap clean beauty lebih tinggi pada generasi milenial dibanding gen Z. Foto: Dok. Gemini AI)
 

Tren Kecantikan Favorit Milenial 

Berdasarkan laporan terbaru dari Populix, perusahaan riset berbasis teknologi asal Indonesia, bertajuk "Millennials & Gen Z Report: Local vs. Global Skincare Trends and Market Shifts" yang dirilis pada Mei 2025, mengungkapkan bahwa clean beauty akan tetap menjadi primadona di tahun 2026, bahkan semakin kuat. 

Penelitian dilakukan melalui survei terhadap 1.100 responden laki-laki dan perempuan dari generasi milenial (29-44 tahun) dan gen Z (18-28 tahun) di seluruh Indonesia. Responden didominasi kalangan menengah ke atas dan mayoritas adalah pekerja aktif.

Dengan distribusi merata antara gender dan status pernikahan, hasil survei ini memberikan gambaran menyeluruh tentang perilaku dan preferensi perawatan kulit generasi muda Indonesia.

Produk-produk yang menekankan penggunaan bahan alami, minim bahan kimia, serta mengedepankan transparansi kandungan, dipilih oleh 54 persen responden sebagai tren yang akan bertahan dalam 3-5 tahun ke depan.

Sementara itu, minat terhadap clean beauty lebih tinggi pada generasi milenial dibanding gen Z. Hal ini menunjukkan kecenderungan konsumen usia lebih matang untuk lebih peduli pada keamanan bahan dan dampaknya terhadap kulit dalam jangka panjang.

Selain itu, konsumen juga menyuarakan keinginan agar brand, terutama lokal, mengembangkan produk dengan bahan alami khas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH