BEAUTY

10 Cara Cegah Komedo Hitam Muncul di Hidung

Kumara Anggita
Kamis 13 Mei 2021 / 15:00
Jakarta: Komedo hitam yang menumpuk di daerah hidung bisa membuat wajah tampak kurang bersih. Untungnya ini bisa dihilangkan dengan berbagai cara mulai dari eksfoliasi hingga menggunakan retinoid topikal.

Setelah kamu merasa sudah menghilangkan komedo ini, kamu juga perlu untuk mencegahnya datang kembali. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti seperti dikutip dari Healthline.
 

1. Gunakan produk non komedogenik


Produk non komedogenik adalah kode untuk produk yang “tidak menyumbat pori". Cari juga tabir surya dan losion bebas minyak untuk membantumu mencegah pori-pori tersumbat.
 

2. Hapus riasan sebelum tidur


Membersihkan wajah di malam hari membantu menghilangkan riasan, tetapi terkadang residu yang tersisa masih tertinggal. Pertimbangkan untuk menambahkan pembersih awal untuk menghapus semua riasan kamu.
 

3. Cuci rambut secara teratur


Ini tidak hanya membuat rambut tetap sehat dan lembut, tetapi kamu juga akan menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di wajah dan menyumbat pori-pori.
 

4. Pastikan tangan dan kuku bersih


Menjaga kebersihan kuku dapat membantu meminimalkan kotoran dan perpindahan minyak.


komedo
(Rutin mencuci sarung bantal bisa kamu lakukan untuk mengurangi dan mencegah komedo di wajah. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

5. Cuci sarung bantal dan tempat tidur


Ini harus dilakukan seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran dan minyak di seprai.
 

6. Tambahkan asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit 


Asam salisilat mengeringkan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kamu sehingga mengurangi kemungkinan munculnya komedo. Carilah pembersih wajah, toner, atau pelembap yang mengandung asam salisilat untuk mendapatkan manfaat ini.
 

7. Pertimbangkan asam glikolat


Penggunaan ini teratur dapat membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat. Cari asam glikolat dalam pelembap dan kulit OTC.
 

8. Tanyakan kepada dokter kulit tentang resep retinoid


Retinoid adalah turunan dari vitamin A. Meskipun terutama direkomendasikan untuk peradangan jerawat, retinoid juga dapat membantu mengontrol minyak berlebih yang berkontribusi pada komedo.
 

9. Jangan terlalu sering menggunakan produk jerawat


Penggunaan produk jerawat yang mengandung asam salisilat, sulfur, dan benzoil peroksida secara berlebihan atau menggabungkan terlalu banyak produk jerawat seperti yang dibahas di sini dapat membuat kulit menjadi kering. 
 

10. Makan makanan yang sehat


Meskipun makanan berminyak dan berlemak bukanlah penyebab langsung jerawat, makan makanan yang seimbang penting untuk kesehatan kulit kamu secara keseluruhan. Minum banyak air juga dapat membantu menyeimbangkan sebum dan membantu pergantian sel kulit.
(TIN)

MOST SEARCH