BEAUTY

4 Manfaat Ceramide untuk Kesehatan Kulitmu

Raka Lestari
Kamis 29 Oktober 2020 / 13:05
Jakarta: Ceramide adalah lipid, atau asam lemak ditemukan secara alami di kulit yang membantu menjaga sel-sel kulit (keratinosit). Ceramide juga membantu menjaga pelindung alami kulit, yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan memberikan perlindungan terhadap iritasi dan alergen.

Dilansir dari Insider, berikut ini adalah manfaat ceramide bagi kulitmu:
 

1. Melembapkan kulit


Susan Massick, MD, seorang dokter kulit dan profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan kalau ceramide ada kaitannya dengan kelembapan kulit. Ceramide membantu mengisi kelembapan yang hilang di kulit, dengan menghidrasi kulit dan memulihkan sel-sel kulit serta membantu mempertahankan adhesi diantara sel-sel kulit.

"Ceramide memperkuat skin barrier kulit, yang dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit," terang Susan.
 

2. Membantu meringankan eksim dan psoriasis


“Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis disebabkan oleh retakan kecil pada kulit, yang merupakan kerusakan pada pelindung kulit,” kata Susan.

Dengan kedua kondisi ini, ceramide dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit. Maka ceramide juga memulihkan pelindung kulit (skin barrier).
 

3. Memiliki efek anti penuaan


“Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah ceramide pada kulitmu akan semakin berkurang,” ujar Susan.

Untuk itu, kulit yang lebih tua lebih mudah kehilangan kelembapan, terasa lebih kering, dan tidak mampu memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan. Dengan menambahkan skincare yang mengandung ceramide, menurut Susan kulit yang menua bisa terasa lebih kenyal, halus, dan terhidrasi.
 

4. Cara menggunakan ceramide


“Siapa pun dengan jenis kulit apa pun dapat menggunakan ceramide, dan bahan ini tidak akan menyebabkan iritasi atau kekeringan,” kata Susan.

Namun, jenis kulit yang paling diuntungkan dari ceramide adalah kulit kering dan sensitif. Sebab, kemampuan ceramide untuk mengunci kelembapan dan menjaga pelindung kulit.

Jika kamu ingin memasukkan ceramide ke dalam rutinitas perawatan kulit, Susan menyarankan untuk menggunakan pelembap yang mengandung ceramide setiap hari. Untuk hasil terbaik, gunakan produk tepat setelah mandi dan mencuci wajah untuk mengunci kelembapannya.
(FIR)

MOST SEARCH